Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Tipe-tipe Lembaga Sosial Berdasarkan Perkembangannya

Kompas.com - 03/11/2021, 15:00 WIB
Vanya Karunia Mulia Putri ,
Serafica Gischa

Tim Redaksi

KOMPAS.comLembaga sosial adalah sekumpulan norma atau peraturan yang ditujukan untuk memenuhi kebutuhan hidup manusia sebagai makhluk individu, maupun makhluk sosial.

Beberapa jenis lembaga sosial yang ada di lingkungan sekitar kita antara lain keluarga, agama, pendidikan, ekonomi, budaya, politik, kesehatan, dan lain-lain.

Menurut Amruddin dan kawan-kawan dalam buku Kelembagaan Agribisnis (2021), lembaga sosial memiliki ciri berupa adanya suatu tujuan tertentu yang ingin dicapai, lambang sebagai ciri khas lembaga sosial, punya tradisi tertulis maupun tidak, dan punya alat perlengkapan guna meraih tujuan bersama.

Tipe-tipe lembaga sosial dibagi menjadi lima jenis, yakni berdasarkan fungsi, faktor penyebaran, penerimaan masyarakat, sistem nilai yang diterima masyarakat, serta perkembangannya.

Baca juga: 3 Contoh Pengaruh Interaksi Sosial terhadap Pembentukan Lembaga Sosial

Tipe-tipe lembaga sosial berdasarkan perkembangannya

Mengutip dari buku Pranata Sosial dalam Kehidupan Masyarakat (2020) karya S. Purwaningsih, berdasarkan perkembangannya, tipe lembaga sosial dibagi menjadi dua, yaitu crescive institutions dan enacted institutions. Berikut penjelasannya:

Crescive institutions

Adalah lembaga sosial yang tidak sengaja tumbuh dari adat istiadat yang berkembang di masyarakat. Tipe lembaga sosial ini sering juga disebut lembaga primer.

Pola perilaku masyarakat yang terintegrasi kuat dalam kehidupan bermasyarakat, menyebabkan perilaku tersebut berubah menjadi adat istiadat yang terus berkembang. Contoh crescive institutions ialah lembaga hak milik, lembaga perkawinan, dan lembaga agama.

Enacted institutions

Dalam buku Sosiologi (2019) karya Ponirin dan Lukitaningsih, disebutkan bahwa enacted institutions adalah lembaga sosial yang sengaja dibentuk. Tipe lembaga sosial ini dibuat untuk memenuhi tujuan tertentu yang ingin dicapai oleh anggotanya.

Baca juga: Jenis-Jenis Lembaga Sosial

Lembaga pendidikan merupakan bagian dari lembaga sosial yang sengaja dibentuk untuk memenuhi tujuan tertentu, yang dikenal dengan enacted insitutions.

Selain lembaga pendidikan, beberapa contoh enacted institutions lainnya, yakni lembaga perdagangan, lembaga utang-piutang, lembaga kesehatan dan lembaga ekonomi.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya

Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com