Kompas.com - 04/11/2021, 10:30 WIB

KOMPAS.comWirausaha adalah seseorang yang melihat peluang dan memanfaatkan peluang tersebut untuk membangun usahanya sendiri.

Apa saja yang perlu kita pelajari untuk menjadi pelaku wirausaha? Berikut adalah hal-hal yang harus dipelajari untuk menjadi seorang wirausaha:

Komunikasi

Komunikasi adalah hal yang perlu kita pelajari untuk menjadi pelaku wirausaha. Seorang wirausaha harus dapat mengkomunikasikan dengan baik tentang perusahaan kepada konsumen yang akan membeli juga kepada investor yang akan memberikan modal.

Seorang wirausaha juga harus berkomunikasi untuk dapat berkoordinasi dengan seluruh karyawan dan rekan kerjanya.

Komunikasi dapat membantu wirausaha untuk mengembangkan jaringan sosial untuk kemajuan perusahaannya. Semakin baik kemampuan komunikasi seorang wirausaha, maka semakin besar kemungkinan usahanya bisa sukses.

Baca juga: Adakah Perbedaan Wirausaha dengan Profesi Pekerjaan Lainnya?

Keuangan dan akuntansi

Keuangan dan akuntansi juga merupakan hal yang harus dipelajari untuk menjadi seorang wirausaha. Dilansir dari Entrepreneur, akuntansi membantu wirausaha untuk melacak keuangan bisnis, arus kas, hutang piutang, perbankan, dan perencanaan pajak.

Keterampilan keuangan dan akuntansi dibutuhkan untuk memanajemen keuangan perusahaan agar perusahaan tetap produktif dalam menghasilkan keuntungan.

Keterampilan berpikir strategis

Untuk menjadi seorang wirausaha, kita harus memiliki keterampilan berpikir strategis. Mengutip dari Harvard Business School Online, keterampilan berpikir strategis adalah keterampilan berpikir kritis dalam merencanakan masa depan untuk mencapai tujuan bisnis, mengatasi hambatan dan tantangan.

Keterampilan berpikir strategis membantu seorang wirausaha menganalisa keadaan bisnisnya, memecahkan permasalahan dan tantangan yang dihadapi, juga merencanakan pekerjaan untuk mencapai keuntungan dan mengurangi kemungkinan resiko di masa depan.

Pemasaran

Pemasaran juga merupakan suatu hal yang harus dipelajari untuk menjadi seorang wirausaha. Wirausaha melihat peluang dan mengubahnya menjadi suatu produk baru yang inovatif.

Halaman:

Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.