Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Pengaruh Wirausaha terhadap Masyarakat, Lingkungan, dan Bangsa

Kompas.com - 05/11/2021, 15:30 WIB
Vanya Karunia Mulia Putri ,
Serafica Gischa

Tim Redaksi

KOMPAS.comWirausaha tidak hanya meningkatkan kesejahteraan hidup bagi pegawai serta keluarganya. Namun, juga dapat memberi pengaruh positif terhadap masyarakat, lingkungan, dan bangsa.

Seorang wirausaha harus mampu mengelola dan mengembangkan kegiatan usaha, punya kreativitas, serta memiliki keterampilan untuk menghasilkan atau menambah nilai barang atau jasa yang dihasilkannya.

Dikutip dari buku Kewirausahaan: Teori dan Contoh-Contoh Rencana Bisnis (2021) karya Asnawati, wirausaha merupakan salah satu pelaku utama untuk membangun perekonomian sebuah bangsa ke arah yang lebih baik.

Alasannya mayoritas wirausaha memiliki inovasi, kreativitas, serta keterampilan untuk memproduksi barang atau jasa dari sumber daya yang dimilikinya.

Dalam buku Kewirausahaan dalam Disiplin Ilmu Kesehatan (2021) karya Syahriadi, dkk, adanya wirausaha dapat menciptakan lebih banyak lapangan pekerjaan, memberi motivasi kepada masyarakat untuk menciptakan inovasi baru, serta memberi pengaruh positif kepada masyarakat dan lingkungan untuk berani berwirausaha.

Baca juga: Apa itu Wirausaha?

Pengaruh seorang wirausaha 

Seorang wirausaha dapat memberi sejumlah pengaruh positif kepada masyarakat, lingkungan, dan bangsa. Berikut penjelasannya:

  • Menciptakan lapangan pekerjaan

Kegiatan usaha oleh wirausaha tentunya membutuhkan pegawai. Tujuannya untuk membantu mengelola dan menjalankan kegiatan usahanya. Sebagai contoh pegawai produksi, pegawai pembukuan, pegawai keuangan, dan lain sebagainya.

Dengan menciptakan banyak lapangan pekerjaan, tingkat pengangguran di sebuah daerah atau negara bisa berkurang. Tidak hanya itu, ketersediaan lapangan pekerjaan juga membantu meningkatkan kesejahteraan hidup masyarakat dan bangsa.

  • Memberi motivasi kepada masyarakat untuk berwirausaha

Adanya wirausaha dapat memberi motivasi kepada masyarakat untuk berani berwirausaha atau membuka kegiatan usahanya sendiri. Apabila hal ini terjadi, maka akan semakin banyak wirausaha dan lapangan pekerjaan yang tersedia.

  • Memberi motivasi untuk berani menciptakan inovasi baru

Wirausaha juga berpengaruh untuk memberi motivasi kepada masyarakat, lingkungan, dan bangsa dalam hal menciptakan inovasi baru. Inovasi artinya penemuan hal baru atau sesuatu yang belum pernah ada.

Terciptanya inovasi baru dan lapangan pekerjaan akan membantu meningkatkan perekonomian bangsa, dan mengubah keadaan masyarakat dan lingkungan menjadi lebih produktif.

Baca juga: Apa yang Dipelajari untuk Menjadi Pelaku Wirausaha?

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com