Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Pengaruh Wirausaha terhadap Kesejahteraan Hidup Keluarga dan Pegawainya

Kompas.com - 05/11/2021, 16:00 WIB
Vanya Karunia Mulia Putri ,
Serafica Gischa

Tim Redaksi

KOMPAS.comWirausaha dapat meningkatkan kesejahteraan hidup keluarga serta pegawainya. Terlebih lagi jika usaha tersebut sukses dan mendapat keuntungan besar.

Rina Rachmawati dalam buku Kewirausahaan (2020) mengartikan wirausaha sebagai suatu kegiatan yang dapat memberi nilai tambah terhadap produk atau jasa, sehingga dapat memberi manfaat bagi para penggunanya.

Dalam konteks pekerjaan, wirausaha merupakan orang atau kelompok yang mendirikan, mengelola, dan mengembangkan kegiatan usaha atau perusahaan yang dimilikinya.

Tidak hanya itu, wirausaha juga mampu melakukan koordinasi dan pengawasan secara langsung terhadap kegiatan usaha yang dijalankannya.

Menurut Syahriadi dan kawan-kawan, dalam buku Kewirausahaan dalam Disiplin Ilmu Kesehatan (2021), kehadiran wirausaha dapat membuka lapangan pekerjaan. Sehingga secara tidak langsung, bisa meningkatkan kesejahteraan atau kualitas hidup seseorang.

Baca juga: 10 Karakteristik Wirausaha Menurut Bygrave

Hal ini berarti wirausaha akan membuka lapangan pekerjaan, karena membutuhkan pegawai untuk mengelola dan membantunya menjalankan usaha. Terlebih lagi jika usahanya tersebut sudah sukses.

Pengaruh wirausaha terhadap keluarga dan pegawainya

Wirausaha memberi pengaruh terhadap kesejahteraan hidup keluarga dan pegawainya. Kesejahteraan hidup berarti kebutuhannya terpenuhi dengan baik atau tidak mengalami kesulitan dalam memenuhi kebutuhannya.

Pengaruh wirausaha terhadap kesejahteraan hidup keluarga dan pegawainya adalah meningkatnya kualitas dan kesejahteraan hidup keluarga wirausaha, pegawai, dan keluarga pegawainya.

Pegawai yang bekerja akan mendapatkan uang dalam bentuk gaji atau pendapatan. Uang tersebut digunakan untuk memenuhi kebutuhan hidup pegawai beserta keluarganya.

Dengan demikian, kesejahteraan hidup pegawai beserta keluarganya dapat terjamin. Karena pegawai mendapatkan penghasilan tetap setiap bulannya.

Baca juga: Contoh Karakter Wirausaha yang Kreatif dan Inovatif serta Cara Melatihnya

Sama halnya dengan keluarga pegawai. Kesejahteraan hidup wirausaha dan keluarganya juga akan terjamin, karena pendapatan atau penghasilan dari kegiatan usaha akan dimanfaatkan untuk memenuhi kebutuhan hidup mereka.

Sehingga secara langsung, wirausaha memang berpengaruh terhadap kesejahteraan hidup keluarga dan pegawainya.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com