Kompas.com - 27/09/2021, 14:00 WIB
Ilustrasi karakteristik wirausaha freepik.com/ tirachardzIlustrasi karakteristik wirausaha

KOMPAS.com - Kreatif dan inovatif merupakan dua karakter penting dalam wirausaha. Karakter ini berhubungan dengan sikap, watak, cara berpikir, dan perilaku seorang wirausaha.

Dalam Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI), kreatif diartikan sebagai memiliki kemampuan untuk menciptakan suatu hal atau mempunyai daya cipta. Sedangkan inovatif adalah mengenalkan suatu hal yang baru atau kreasi baru.

Sebagaimana dikutip dalam Buku Ajar Kewirausahaan (2020) karya Asmar Yulastri dan kawan-kawan, Suryana menjelaskan jika karakter kreatif dan inovatif dijadikan dasar atau sumber daya untuk meraih kesuksesan.

Kata lainnya, untuk meraih kesuksesan dalam berwirausaha, seseorang harus mampu menghadirkan ide kreatif dan inovatif saat memanfaatkan sumber daya.

Baca juga: 8 Syarat Menjadi Wirausaha Sukses

Karakter wirausaha yang kreatif dan inovatif

Beberapa karakter wirausaha yang kreatif dan inovatif adalah:

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Karakter wirausaha yang kreatif

Menurut Jonni Mardizal dalam buku Membangun Ekonomi Kreatif Pemuda (2017), karakter kreatif dalam wirausaha dapat dipahami sebagai kemampuan penciptaan sebuah produk baru, yang berasal dari gagasan pemiliknya.

Karakter wirausaha yang inovatif

Mengutip dari buku Pendidikan Kewirausahaan: Teori untuk Pembuktian Praktik & Praktik untuk Pembuktian Teori (2020), karakter inovatif adalah sikap atau kemampuan untuk selalu mencari solusi serta pendekatan baru dalam menghadapi berbagai permasalahan dan kondisi.

Contoh karakter wirausaha yang kreatif dan inovatif

Penjelasan contoh karakter wirausaha yang kreatif dan inovatif, yaitu:

Karakter wirausaha yang kreatif dan inovatif berarti mampu menciptakan sebuah produk baru yang berasal dari pemikiran atau gagasannya. Selain itu, dua karakter ini juga mengacu pada cara berpikir dan sikap untuk menyelesaikan permasalahan.

Contoh karakter wirausaha yang kreatif dan inovatif:

  1. Tidak mudah menyerah untuk menemukan hal yang baru.
  2. Bersedia menerima kritik dan saran.
  3. Jeli atau teliti dalam melihat tiap peluang yang ada.
  4. Mau bekerja keras.
  5. Berpikir positif dan selalu mau mencoba melakukan suatu hal walaupun mengalami kegagalan.

Baca juga: 5 Karakter Seorang Wirausaha

Cara melatih karakter wirausaha yang kreatif dan inovatif

Berikut ini beberapa cara melatih karakter kreatif dan inovatif dalam wirausaha:

  • Memperhatikan lingkungan sekitar

Agar bisa menumbuhkan karakter kreatif dan inovatif, seseorang harus mau memperhatikan lingkungan sekitar. Mulai dari mau mendengarkan orang lain, hingga mampu menemukan hal baru di sekitarnya.

  • Belajarlah dari orang sukses

Karakter kreatif dan inovatif bisa ditumbuhkan dari kemauan belajar dari orang sukses. Misalnya dari bagaimana orang tersebut bertindak, bersikap, dan berpikir dalam menemukan hal baru.

  • Percaya diri

Dalam wirausaha, karakter kreatif dan inovatif bisa dilatih dengan menumbuhkan rasa percaya diri. Artinya tidak mudah merasa minder (rendah diri) ketika usaha atau temuannya diberi kritik, bahkan mengalami kegagalan.

  • Perbanyak mencari ide baru

Kreatif dan inovatif berarti mampu mencari ide atau menciptakan hal baru. Untuk menumbuhkan karakter ini, seseorang harus berlatih dengan memperbanyak mencari ide baru.

Baca juga: Perbedaan Wirausaha dan Wiraswasta

  • Mencoba menerapkan ide baru

Jangan takut mencoba setelah menemukan ide baru. Apabila ditemui kegagalan, teruslah mencoba dan jangan pantang menyerah.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.


26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.