Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Perbedaan Wirausaha dan Wiraswasta

Kompas.com - 09/08/2021, 13:00 WIB
Vanya Karunia Mulia Putri ,
Serafica Gischa

Tim Redaksi

KOMPAS.com - Banyak yang menganggap wirausaha sama dengan wiraswasta. Karena keduanya diawali dengan kata ‘wira’, yang berarti gagah, berani, dan teladan. Padahal sebenarnya wirausaha dan wiraswasta adalah dua hal yang berbeda.

Pengertian wirausaha

Menurut Saban Echdar dan Maryadi dalam buku Business Ethics and Entrepreneuship (Etika Bisnis dan Kewirausahaan) (2019), wirausaha merupakan orang yang terampil memanfaatkan peluang dalam mengembangkan usaha, bertujuan untuk meningkatkan kehidupannya.

Wirausaha juga dapat diartikan sebagai orang yang mendobrak sistem ekonomi dengan memperkenalkan berbagai barang dan jasa yang baru, menciptakan organisasi baru, atau mengolah bahan baku baru.

Pengertian wiraswasta

Mengutip dari buku Kewirausahaan (2020) karya Muhammad Dinar dan kawan-kawan, wiraswasta merupakan usaha atau kegiatan yang dilakukan oleh seseorang atau kelompok, guna memberi nilai tambah bagi suatu produk dan memberi kepuasan lebih untuk pelanggan.

Nilai tambah ini artinya sesuatu yang bersifat baru atau yang belum pernah ada sebelumnya. Wiraswasta juga dapat diartikan sebagai orang yang memiliki keberanian dalam bersikap, berpikir, dan bertindak untuk menciptakan berbagai lapangan pekerjaan dan menjalani karier yang sifatnya mandiri.

Baca juga: Wirausaha: Definisi, Perilaku, Karakteristik dan Sifatnya

Perbedaan wirausaha dan wiraswasta

Antara wirausaha dan wiraswasta, keduanya mempunyai sejumlah perbedaan. Dalam jurnal Menumbuhkan Minat Kewirausahaan melalui Pembuatan Business Plan (2010) karya Suhermini, disebutkan jika perbedaan utama antara wirausaha dan wiraswasta terletak pada penekanannya.

Wirausaha lebih ditekankan pada kemandirian (swasta). Sedangkan wirausaha menekankan pada bidang usaha atau bisnis yang dijalankannya. Selain hal ini, masih ada sejumlah perbedaan antara wirausaha dengan wiraswasta.

Berikut penjelasannya:

Pembeda Wirausaha Wiraswasta
Definisinya  Adalah orang yang terampil dalam mengelola, memanfaatkan, serta mengembangkan usahanya. Adalah orang yang terampil dalam memberi nilai tambah sebuah produk dan memberi kepuasan untuk pelanggan.
Bidang bisnisnya Bisa berfokus menjalani banyak bidang bisnis. Hanya bisa fokus menjalani satu bidang bisnis saja.
Sikapnya Mampu berkreasi dan berinovasi, serta memiliki visi jangka panjang. Mampu berpikir dan bertindak berdasarkan kemampuan serta keberanian untuk mencari uang secara mandiri.

 Baca juga: Ciri-Ciri Manusia Wirausaha

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com