Kompas.com - 07/03/2021, 14:02 WIB
Tumijan (40) pemilik toko LaBib di Kemiling, Bandar Lampung mengaku penjualan es krim menambah penghasilan toko kecil miliknya. Bagi Tumijan kestabilan kestabilan listrik menjadi vital karena menyangkut tingkat kebekuan es. KOMPAS.com/TRI PURNA JAYATumijan (40) pemilik toko LaBib di Kemiling, Bandar Lampung mengaku penjualan es krim menambah penghasilan toko kecil miliknya. Bagi Tumijan kestabilan kestabilan listrik menjadi vital karena menyangkut tingkat kebekuan es.

KOMPAS.com - Kewirausahaan merupakan proses penganalisaan, perancangan serta pengembangan usaha baru untuk mencapai tujuan yang diinginkan.

Orang yang menekuni bidang kewirausahaan sering disebut sebagai wirausaha. Ciri utama yang harus dimiliki seorang wirausaha ialah sikap pantang menyerah dan bisa mengambil risiko.

Menurut Choms Gary Ganda Tua Sibarani, dkk dalam buku Dasar-Dasar Kewirausahaan (2019), pengertian tentang wirausaha bisa dilihat dari dua aspek penting, yakni:

  1. Pengertian wirausaha dari aspek ekonomi:
    Wirausaha merupakan salah satu faktor produksi atau sebagai salah satu Sumber Daya Manusia (SDM).
  2. Pengertian wirausaha dari aspek manajemen (kepemimpinan):
    Wirausaha merupakan pemimpin yang berperan penting dalam tercapainya tujuan organisasi atau lembaga.

Baca juga: Makna Saling Ketergantungan dalam Wirausaha

Ciri-ciri manusia wirausaha

Ada enam ciri manusia wirausaha, menurut Geoffrey G. Meredith. Apa sajakah itu?

  • Memiliki rasa percaya diri

Kepercayaan diri merupakan modal utama untuk memulai sebuah usaha. Jika memiliki rasa percaya diri, hal ini akan menimbulkan optimisme serta sifat tidak mudah bergantung pada orang lain.

Selain itu, rasa percaya diri juga bisa meningkatkan keyakinan dan kemampuan untuk mencapai tujuan yang diinginkan dalam kewirausahaan, yakni kesuksesan.

  • Memiliki orientasi terhadap tugas dan hasil

Berorientasi pada tugas dan hasil artinya tidak mudah puas dengan apa yang telah dicapai saat ini. Namun, terus berusaha untuk mengembangkan apa yang sedang dijalani.

Hal ini berarti seorang manusia wirausaha selalu mengutamakan prestasi, tekun, bertekad kuat, sabar dan selalu bekerja keras dalam menjalankan usahanya.

Baca juga: Wirausaha Kerajinan dengan Obyek Budaya Lokal

  • Berani mengambil risiko

Agar bisa mencapai kesuksesan, seorang manusia wirausaha harus berani mengambil risiko, termasuk kegagalan. Dalam hal ini, risiko juga berarti sebagai konsekuensi yang harus diterima untuk mencapai sebuah tujuan.

  • Berjiwa kepemimpinan

Jiwa kepemimpinan harus dimiliki oleh seorang manusia wirausaha. Karena dengan hal ini mereka mau menerima kritik dan saran dari konsumen ataupun pihak lain dalam organisasi. 

Halaman:

Rekomendasi untuk anda
25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads X