Kompas.com - 07/05/2022, 16:59 WIB

KOMPAS.comEceng gondok adalah tanaman angiospermae yang hidup di air. Eceng gondok memiliki kemampuan berkembang biak yang tinggi karena dapat beradaptasi. Bagaimana bentuk adaptasi eceng gondok? Berikut adalah penjelasannya!

Batang berongga

Tujuan adaptasi eceng gondok adalah untuk menyesuaikan diri dengan lingkungannya. Sehingga, eceng gondok dapat tumbuh subur dan meneruskan eksistensi spesiesnya.

Eceng gondok beradaptasi dengan cara mengembangkan batang berongga khas tumbuhan hidrofit (tumbuhan yang hidup di air).

Dilansir dari International Union for Conservation of Nature, batang eceng gondok berwarna hijau tua, besar, memanjang hingga dua meter dan berongga (petioles).

Baca juga: Contoh Tumbuhan Hidrofit dan Cara Adaptasinya

Rongga dalam batang eceng gondok terbentuk dari jaringan aerenkim. Jaringan aerenkim tersebut terisi oleh udara yang membuatnya dapat mengapung di permukaan air.

Selain itu, jaringan aerenkim berfungsi sebagai transpor gas (terutama oksigen) dalam tubuh eceng gondok.

Menyerap polutan

Tanaman eceng gondok dikenal sebagai tanaman yang tangguh karena dapat tumbuh subur dalam air kotor dan tercemar logam berat sekalipun.

Menurut An The Huynh, dkk dalam jurnal A Small-Scale Study on Removal of Heavy Metals from Contaminated Water Using Water Hyacinth (2021), eceng gondok adalah bioakumulator yang dapat menyerap dan menyimpan logam atau polutan lainnya dalam jaringannya.

Baca juga: Alasan Pentingnya Penemuan Tumbuhan Eceng Gondok

Eceng gondok kemudian menyimpan logam serta polutan yang diserap kemudian disimpan dalam vakuola yang besar. Dalam vakuola, logam akan diproses secara biokimia untuk menurunkan tingakt racunnya.

Daun lebar dan berlapis lilin

Dilansir dari University of Minnesota Extension, eceng gondok memiliki daun hijau mengilap dengan struktur lebar, bulat, menggelambung, dan berlapis lilin.

Halaman:

Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.