Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Ciri-Ciri Khusus Bunga Mawar dan Fungsinya

Kompas.com - 30/07/2021, 12:26 WIB
Silmi Nurul Utami,
Serafica Gischa

Tim Redaksi

KOMPAS.com – Bunga mawar adalah salah satu bunga yang paling populer di kalangan masyarakat karena merupakan simbol dari cinta dan keindahan.

Bunga mawar menjadi salah satu bunga tertua yang ada di dunia. Dilansir dari University of Illinois Extension, dijumpai bukti fosil mawar yang bersusia 35 juta tahun di alam.

Mawar bukanlah nama spesies bunga melainkan nama genus atau marga dalam kerajaan Plantae. Berdasarkan Encyclopedia Britannica, mawar atau genus Rosa merupakan tumbuhan semak yang terdiri dari 100 spesies dengan bunga yang berwarna-warni.

Mawar adalah tumbuhan berbunga tingkat tinggi yang dilengkapi dengan pembuluh angkut xilem dan floem.

Baca juga: Ciri Khusus Bunga Bangkai dan Bedanya dengan Bunga Rafflesia Arnoldii

Ciri khusus bunga mawar

Beirkut ciri-ciri khusus bunga mawar, yakni:

  • Batang berduri

Mawar memiliki batang yang dipenuhi dengan duri-duri kecil yang tajam. Dilansir dari The Huntington, duri tersebut adalah hasil modifikasi batang kayu. Duri pada batang mawar adalah bentuk pertahanan duri untuk mempertahankan batangnya dari pemangsa.

Saat bunga mawar rusak atau dimakan, tumbuhannya tidak akan ikut rusak. Namun kerusakan pada batang dan akar bisa berakibat fatal. Sehingga duri melindungi tumbuhan mawar dari serangga juga hewan herbivora seperti rusa, kuda, dan binatang pemamah biak.

  • Bunga berwarna cerah dan harum

Bunga mawar bereproduksi secara seksual melalui penyerbukan dengan bantuan serangga. Bunga yang berwarna cerah dan aroma yang harum merupakan cara mawar untuk menarik perhatian serangga.

Serangga yang datang akan mengisap nektar mawar dan secara tidak langsung membawa serbuk sari ke bunga lain untuk penyerbukan.

Menyadur dari Scientific American, aroma harum tersebut dihasilkan dari campuran kompleks senyawa dengan berat molekul rendah (volatil) yang dipancarkan ke atmosfer. Setiap bunga memiliki aroma yang berbeda-beda karena perbedaan volatilnya.

Baca juga: Ciri Khusus Tumbuhan Pohon Jati, Kaktus, dan Bakau

  • Tumbuhan yang tangguh

Mawar merupakan tanaman yang sangat tangguh. Mawar tidak akan mati jika kehilangan semua daun dan juga bunganya.

Mawar juga tahan akan defoliasi (pemangkasan ujung batang) dan bisa terus tumbuh. Bahkan ketika terjadi kebakaran, jika akar dan pangkal batangnya tidak rusak, mawar bisa tumbuh kembali.

Duri pada mawar juga membantu beberapa spesies mawar yang tumbuh di lingkunga kering berpasir. Duri mawar memecah aliran udara, menahan pasir yang dibawanya, mencegah kerusakan akibat terpaan pasir, dan juga mencegah erosi pada akar.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com