Kompas.com - 29/07/2021, 12:50 WIB
Bunga bangkai (Amorphophallus titanum) mekar di Auckland, Selandia Baru, Rabu (17/6). Ribuan pengunjung mengantre untuk melihat dan berfoto dengan bunga asal Indonesia ini. Nina Susilo/KompasBunga bangkai (Amorphophallus titanum) mekar di Auckland, Selandia Baru, Rabu (17/6). Ribuan pengunjung mengantre untuk melihat dan berfoto dengan bunga asal Indonesia ini.

KOMPAS.com - Banyak yang salah sangka jika bunga bangkai adalah bunga rafflesia arnoldii. Atau banyak yang berpikiran jika nama latin bunga bangkai ialah rafflesia arnoldii.

Padahal keduanya merupakan jenis bunga yang berbeda dan mempunyai ciri khusus yang membedakan pula.

Bunga bernama latin Amorphophallus atau sering juga disebut bunga suweg memiliki ukuran besar dan termasuk bunga tertinggi di dunia. Bunga bangkai termasuk anggota keluarga talas-talasan atau Araceae.

Dikutip dari situs Direktorat Jenderal Konservasi Sumber Daya Alam dan Ekosistem, bunga bangkai bisa ditemui dengan mudah di kawasan yang beriklim tropis dan subtropis. Diperkirakan ada 170 spesies bunga ini di seluruh dunia.

Baca juga: Ciri-Ciri Khusus Tanaman Kantong Semar

Ciri khusus bunga bangkai

Dilansir dari Live Science, terdapat empat ciri khusus bunga bangkai yang dikenal dengan istilah corpse flower, yaitu:

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

  1. Bunga bangkai akan mengeluarkan bau bangkai yang sangat kuat ketika mekar. Baunya mirip seperti daging busuk. Bunga ini mengeluarkan bau busuk untuk menarik serangga, seperti kumbang kotoran dan lalat daging, yang akan membantunya melakukan proses penyerbukan.
  2. Bunga bangkai mempunyai postur tubuh yang tergolong besar, bahkan bisa mencapai ketinggian empat meter dengan diameter sekitar 1,5 meter.
  3. Bunga bangkai memiliki bagian yang menjulang tinggi ke atas atau yang disebut spadix. Bagian pelindung bunga yang mekar disebut braktea.
  4. Bunga bangkai hanya mekar selama beberapa hari kemudian layu. Setelah layu dan mati, bunga ini akan mengulangi siklus hidupnya kembali di atas umbi bunga bangkai yang telah mati.

Baca juga: Mengenal Tanaman Serealia dan Manfaatnya

Amorphopalus titanum atau bunga bangkai (kiri) dan Rafflesia arnoldi (kanan).IST Amorphopalus titanum atau bunga bangkai (kiri) dan Rafflesia arnoldi (kanan).
Perbedaan bunga bangkai dengan rafflesia arnoldii

Persamaan antara bunga bangkai dan rafflesia arnoldii mungkin terletak pada aroma bunganya ketika mekar. Kedua bunga ini sama-sama mengeluarkan bau busuk mirip bangkai.

Walau keduanya memiliki aroma sama, namun sebenarnya kedua bunga ini sangatlah berbeda. Berikut perbedaannya:

Pembeda  Bunga bangkai Rafflesia arnoldii
Nama Bunga bangkai memiliki nama latin Amorphophallus dan sering disebut bunga suweg Bunga rafflesia arnoldii sering juga disebut padma raksasa
Bentuk Bunga bangkai memiliki spadix atau bagian yang menjulang tinggi ke atas Bunga rafflesia arnoldii bentuknya melebar ke samping
Penggolongan tanamannya Bunga bangkai bisa tumbuh mencapai ketinggian 2,5 meter dengan diameter 1,5 meter Bunga rafflesia arnoldii bisa memiliki diameter mencapai satu meter
Ukuran bunganya Bunga bangkai termasuk dalam keluarga talas-talasan atau Araceae Bunga rafflesia arnoldii termasuk dalam keluarga tanaman parasit, yakni Rafflesiaceae

Baca juga: Ciri-ciri Bunga Matahari dan Manfaatnya


Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.