Kompas.com - 30/07/2021, 12:05 WIB
Ilustrasi jenis-jenis tanaman Australia KOMPAS.com/Gischa PrameswariIlustrasi jenis-jenis tanaman Australia
Daftar Isi
Buka

    KOMPAS.com – Australia adalah negara keenam terbesar yang ada di dunia. Australia membentang seluas 7.692.024 kilometer persegi, merupakan dataran rendah yang paling datar di antara semua benua di bumi. Daratan seluas itu hanya diisi oleh sekitar 25,5 juta orang saja.

    Sehingga sebagian besar dataran Australia masih asri dan dihuni berbagai flora dan fauna. Sebagian besar dari spesies tersebut adalah asli asutralia atau endemik. Dilansir dari Thought Co, sekitar 92 persen tumbuhan berpembuluh, 87 persen mamalia, 93 persen reptil, 94 persen katak, dan 45 persen burung yang hidup di Australia adalah spesies endemik.

    Kekayaan spesies endemik membuat Australia memiliki jenis tanamannya sendiri. Dilansir dari Visit Australia, ada 24 ribu spesies tanaman endemik Australia. Berikut jenis tanaman yang paling banyak ditemui di Australia:

    • Akasia

    Akasia adalah genus tumbuhan vaskular semak pohon yang banyak terdapat di Australia. Disadur dari Autralian National Botanic Gardens Centre, ada sekitar 1350 spesies akasia yang ditemukan di seluruh dunia dan hampir 1000 di antaranya ditemukan di Australia.

    Akasia atau yang dikenal sebagau pial, biasanya memiliki bunga kecil yang berwarna warni yang berbentuk silinder atau bulat dan memiliki aroma yang harum. Beberapa akasia tidak memiliki daun namun ada juga yang memiliki daun dari phyllodes.

    Baca juga: Ciri Khusus Bunga Bangkai dan Bedanya dengan Bunga Rafflesia Arnoldii

    Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
    Daftarkan email

    Eukaliptus merupakan kelompok pohon karet yang tumuh subur di Australia. Berdasarkan situs Departement of Agriculture Australian Government, hutan eukaliptus mencakup luas 101 juta hektar dan merupakan 77 persen dari total luas hutan asli Australia.

    Australia memiliki lebih dari 700 spesies eukaliptus, salah satunya adalah pohon kayu putih. Pohon eukaliptus memiliki banyak bunga-bunga kecil yang berwarna cerah, beraroma harum, serta menghasilkan nektar dalam jumlah besar.

    • Proteaceae

    Proteacea yakni famili tumbuhan vaskular berbunga yang terdiri dari 80 genus. Beberapa genus yang terkenal dari proteaceae adalah bankasia, hakea, grevilea, dam telopela. Keluarga proteaceae umumnya memiliki bunga majemuk atau satu bagian bunga yang terdiri dari bunga-bunga kecil.

    Salah satu contoh proteaceae adalah telopea atau yang sering disebut dengan waratah. Waratah adalah tanaman yang dapat tumbuh setinggi empat meter dengan bunga sebesar tangan orang dewasa. Bunga waratah berbentuk seperti kubah dengan warna merah, merah muda, kuning, hingga putih.

    • Melaleuceae

    Melaleuceae ialah kelompok tumbuhan dikotil yang sering dijumpai di Asutralia. Salah satu spesies melaleuceae yang ikonik adalah callistemon. Dilansir dari WWF Australia, callistemon memiliki bunga berbentuk sikat merah silinder sehingga sering disebut dengan semak sikat botol.

    Baca juga: Mengenal Tanaman Serealia dan Manfaatnya

    Halaman:

    Rekomendasi untuk anda
    26th

    Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

    Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

    Syarat & Ketentuan
    Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
    Laporkan Komentar
    Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
    komentar
    Close Ads X
    Lengkapi Profil
    Lengkapi Profil

    Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.