Kompas.com - 29/07/2021, 15:28 WIB
Ilustrasi adaptasi kebiasaan baru freepik.com/pikisuperstarIlustrasi adaptasi kebiasaan baru

KOMPAS.comAdaptasi adalah istilah yang akrab dalam kehidupan. Misalnya, seorang anak pindahan harus beradaptasi dengan lingkungan sekolahnya yang baru.

Begitu juga dengan hewan peliharaan membutuhkan waktu untuk beradaptasi di rumah barunya, dan bunga lotus memiliki daun anti air sebagai hasil adaptasi di lingkungannya yang basah.

Namun sebenarnya apakah itu adaptasi?

Pengertian adaptasi

 

Berikut adalah pengertian dari adaptasi menurut para ahli:

  • Darwin

Dilansir dari National Geographic, dalam teori evolusi Darwin, pengertian dari adaptasi adalah mekanisme biologis di mana organisme menyesuaikan diri dengan lingkungan baru atau perubahan dalam lingkungan mereka saat ini.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

  • Wallace

Wallace berpandangan bahwa adaptasi merupakan cara makhluk hidup mengubah fungsi tubuh mereka agar lebih menguntungkan dalam lingkungan hidupnya. Wallace juga berpandangan bahwa perubahan fisik yang menguntungkan dapat diturunkan pada keturunan makhluk hidup tersebut.

  • Wilsie

Wilsie EC dalam buku Crop Adaptation and Distribution (1962) menyebutkan bahwa pengertian adaptasi didefinisikan sebagai fitur organisme yang memiliki nilai kelangsungan hidup di bawah kondisi yang ada dari habitatnya.

  • Suparlan

Parsudi Suparlan dalam bukuAdaptasi dalam Antropologi (1993) menyebutkan bahwa pengertian adaptasi yaitu suatu proses untuk memenuhi syarat-syarat dasar untuk tetap melangsungkan kehidupan dan memenuhi syarat-syarat dasar kehidupan.

Baca juga: Adaptasi Morfologi Pada Hewan

Tujuan adaptasi

Dari pengertian adaptasi yang ada, dapat disimpulkan bahwa tujuan adaptasi makhluk hidup adalah bertahan hidup dan mempertahankan eksistensi spesiesnya di muka bumi. Adaptasi dilakukan agar makhluk hidup tetap bisa hidup walau lingkungannya berubah.

Halaman:

Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.