Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 29/07/2021, 15:28 WIB
Silmi Nurul Utami,
Serafica Gischa

Tim Redaksi

KOMPAS.comAdaptasi adalah istilah yang akrab dalam kehidupan. Misalnya, seorang anak pindahan harus beradaptasi dengan lingkungan sekolahnya yang baru.

Begitu juga dengan hewan peliharaan membutuhkan waktu untuk beradaptasi di rumah barunya, dan bunga lotus memiliki daun anti air sebagai hasil adaptasi di lingkungannya yang basah.

Namun sebenarnya apakah itu adaptasi?

Pengertian adaptasi

 

Berikut adalah pengertian dari adaptasi menurut para ahli:

  • Darwin

Dilansir dari National Geographic, dalam teori evolusi Darwin, pengertian dari adaptasi adalah mekanisme biologis di mana organisme menyesuaikan diri dengan lingkungan baru atau perubahan dalam lingkungan mereka saat ini.

  • Wallace

Wallace berpandangan bahwa adaptasi merupakan cara makhluk hidup mengubah fungsi tubuh mereka agar lebih menguntungkan dalam lingkungan hidupnya. Wallace juga berpandangan bahwa perubahan fisik yang menguntungkan dapat diturunkan pada keturunan makhluk hidup tersebut.

  • Wilsie

Wilsie EC dalam buku Crop Adaptation and Distribution (1962) menyebutkan bahwa pengertian adaptasi didefinisikan sebagai fitur organisme yang memiliki nilai kelangsungan hidup di bawah kondisi yang ada dari habitatnya.

  • Suparlan

Parsudi Suparlan dalam bukuAdaptasi dalam Antropologi (1993) menyebutkan bahwa pengertian adaptasi yaitu suatu proses untuk memenuhi syarat-syarat dasar untuk tetap melangsungkan kehidupan dan memenuhi syarat-syarat dasar kehidupan.

Baca juga: Adaptasi Morfologi Pada Hewan

Tujuan adaptasi

Dari pengertian adaptasi yang ada, dapat disimpulkan bahwa tujuan adaptasi makhluk hidup adalah bertahan hidup dan mempertahankan eksistensi spesiesnya di muka bumi. Adaptasi dilakukan agar makhluk hidup tetap bisa hidup walau lingkungannya berubah.

Adaptasi memungkinkan makhluk hidup bertahan dari kondisi baru lingkungan (kondisi geografis), melindungi diri dari pemangsa, mendapatkan makanan dan air, juga bereproduksi.

Jenis adaptasi

Berdasarkan jenis perubahannya, adaptasi dibagi menjadi tiga jenis yaitu adaptasi morfologi, adaptasi fisiologis, dan adaptasi perilaku. Beirkut penjelasannya:

  • Adaptasi morfologi

Daptasi morfologis adalah perubahan struktur tubuh makhluk hidup untuk menyesuaikan diri dengan lingkungannya, sehingga sering juga disebut dengan adaptasi struktural. Perubahan genetik dan fisik pada adaptasi morfologi bersifat menguntungkan bagi organisme.

Misalnya kaktus yang beradaptasi di mana daunnya menjadi kecil untuk mengurangi penguapan, dan batangnya menjadi tebal terlapis lilin untuk menyimpan cadangan air lebih banyak.

Ataupun perubahan warna ngengat Biston betularia menjadi gelap sebagai penyesuaian udara tercemar selama revolusi industri.

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya

Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com