Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Tips Memulai Belajar Bahasa Asing Secara Otodidak

Kompas.com - 05/04/2022, 16:00 WIB
Nadya Anjani,
Vanya Karunia Mulia Putri

Tim Redaksi

KOMPAS.com - Kemampuan bahasa asing menjadi kemampuan yang menguntungkan untuk dimiliki karena mempunyai berbagai manfaat.

Belajar bahasa asing membuat kita memahami perspektif baru, sehingga pemahaman dan wawasan kita akan budaya lain bertambah luas.

Selain itu, kemampuan bahasa asing juga memberi kita keunggulan dalam mencari pekerjaan.

Banyak yang beranggapan bahwa untuk mulai menguasai bahasa asing, kita harus belajar di lembaga pendidikan formal dan nonformal, seperti les bahasa, universitas, sekolah, dan sebagainya.

Namun, tahukah kamu bahwa pembelajaran bahasa asing bisa dimulai dari rumah? Bagaimana caranya?

Yuk, simak tipsnya!

Temukan motivasi belajar

Motivasi menjadi faktor penting penentu kesuksesan proses pembelajaran bahasa. Motivasi belajar merupakan hal yang mendorong dan mempertahankan semangat belajar.

Baca juga: Mengapa Bahasa Merupakan Alat Komunikasi yang Penting?

Sebelum mulai belajar suatu bahasa, ada baiknya menentukan motivasi mempelajari bahasa tersebut. Tentukan apakah motivasi belajar tersebut berasal dari dalam diri (internal) atau dari luar (eksternal).

Contoh motivasi internal, yaitu kamu ingin belajar bahasa Korea agar bisa menonton drama Korea tanpa membaca takarir (subtitle). Sementara contoh motivasi eksternal, yakni ingin belajar bahasa Korea agar dipuji teman-teman.

Kedua sumber motivasi merupakan alasan yang valid untuk mempelajari suatu bahasa. Untuk menentukan motivasi belajar, tanyakan kepada diri sendiri, mengapa atau untuk apa kita mempelajari bahasa tersebut.

Tetapkan tujuan pembelajaran

Memulai pembelajaran bahasa asing tampak sulit, karena hal yang harus dipelajari terlihat banyak. Sering kali kita bertanya-tanya, apakah harus mulai belajar tata bahasa atau kosakata?

Dengan menetapkan tujuan, kita bisa menentukan apa yang sebenarnya ingin dicapai dalam proses pembelajaran. Di antara banyaknya kosakata dan tata bahasa yang harus dipelajari, kita dapat fokus mempelajari satu hal dalam satu waktu.

Jika sudah menentukan tujuan pembelajaran, akan lebih mudah untuk mengidentifikasi perkembangan prosesnya. Kita bisa mengetahui apa yang telah dikuasai dan apa yang harus ditingkatkan.

Baca juga: 7 Cara Meningkatkan Bahasa Inggris

Bagaimana menentukan tujuan pembelajaran?

  • Mencatat tujuan pembelajaran di kertas agar bisa dilihat dan mudah diingat
  • Tentukan tenggat waktu. Misalnya harus dapat menguasai kosakata bertema restoran dalam waktu satu minggu.
  • Tentukan tujuan spesifik. Tujuan yang ditentukan secara spesifik akan memudahkan kita menentukan langkah untuk mencapainya.
  • Konsisten dalam menentukan tujuan. Rencanakanlah jadwal pembelajaran yang konsisten dan teratur. Belajar bahasa 30 menit setiap harinya secara konsisten, lebih baik daripada belajar 7 jam, namun dilakukan pada satu hari.

Pelajari 100 ungkapan paling banyak digunakan

Dilansir dari BBC, dari estimasi 171.146 kata dalam kamus bahasa Inggris, rata-rata orang hanya menggunakan 800 kata untuk berkomunikasi sehari-hari.

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com