Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

7 Bahasa Tersulit di Dunia

Kompas.com - 28/03/2021, 13:44 WIB
Vanya Karunia Mulia Putri ,
Serafica Gischa

Tim Redaksi

KOMPAS.com - Bahasa memegang peranan penting dalam kehidupan sosial manusia. Bahasa memudahkan kita untuk berinteraksi dengan orang di sekitar kita.

Setiap negara memiliki bahasa nasionalnya masing-masing. Sehingga tidak menutup kemungkinan untuk orang lain di luar negara tersebut dapat mempelajarinya.

Dari beribu jenis bahasa, ada beberapa bahasa yang dianggap jadi bahasa tersulit di dunia. Apa sajakah itu?

Bahasa Mandarin

Mengutip dari situs Taleninstituut Nederland, bagi para penutur Bahasa Inggris, Mandarin menjadi bahasa tersulit untuk dipelajari dan digunakan.

Mulai dari penulisan alfabet hingga pelafalannya, semuanya sulit untuk dilakukan. Tidak hanya itu, Bahasa Mandarin juga memiliki banyak idiom serta sifatnya yang termasuk bahasa tonal (tiap pelafalan memiliki beda makna).

Jadi jika melafalkan bahasanya salah sedikit, maknanya sudah berbeda. Butuh kesabaran esktra untuk mempelajari cara membaca, menulis dan melafalkan Bahasa Mandarin.

Baca juga: Daftar Bahasa Daerah di Indonesia

Bahasa Arab

Bahasa Arab termasuk dalam bahasa tersulit di dunia. Karena sebagian besar hurufnya ditulis dalam empat bentuk yang berbeda, bergantung pada penempatannya dalam sebuah kata.

Dialek Bahasa Arab juga cenderung berbeda dengan bahasa lainnya. Tata bahasanya dipenuhi dengan kata kerja tidak beraturan dan cara membacanya dari arah kanan ke kiri, semakin mempersulit orang untuk mempeajari Bahasa Arab.

Bahasa Navajo

Bahasa Navajo berasal dari Amerika Utara dan termasuk dalam bahasa tersulit di dunia. Bahasa ini berpusat pada penggunaan kata kerja. Artinya deskripsi mengenai suatu hal akan dijelaskan lewat kata kerja.

Navajo kian sulit untuk dipelajari karena sebagian besar kata sifat dalam Bahasa Inggris tidak memiliki terjemahan langsung ke dalam bahasa ini. Pelafalannya juga cukup sulit, karena banyak kata yang tidak pernah digunakan dalam Bahasa Inggris.

Bahasa Islandia

Bagi penutur Bahasa Inggris, Bahasa Islandia menjadi salah satu bahasa tersulit di dunia. Karena bahasa ini telah ada sejak abad ke-9 atau ke-10, dan sangat jarang mengalami perkembangan atau perubahan bahasa.

Dilansir dari Best Life, kata yang digunakan dalam Bahasa Islandia sangatlah panjang, sehingga sangat susah untuk mengartikannya. Jika salah mendengarkannya, maka artinya bisa jadi juga telah berubah.

Baca juga: Cara Mencegah Kepunahan Bahasa Daerah

Tidak hanya itu, orang Islandia juga sering membuat kata baru untuk obyek baru yang mereka temui. Namun, pembuatan katanya tidak mengacu pada Bahasa Inggris, melainkan langsung dalam Bahasa Islandia.

Bahasa Finlandia

Bahasa Finlandia masuk dalam jajaran bahasa tersulit di dunia. Kata bendanya diklasifikasikan dalam 15 kelompok, berbeda dengan Bahasa Inggris yang hanya membagi kelompok kata bendanya menjadi tiga kelompok.

Cara pelafalannya juga berbeda, antara Bahasa Finlandia klasik atau kuno dengan Bahasa Finlandia Kontemporer, yang memiliki cara pengucapan dan susunan kata yang berbeda.

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya

Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com