Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Siapa Penemu Bahasa Inggris?

Kompas.com - 12/05/2021, 16:00 WIB
Vanya Karunia Mulia Putri ,
Serafica Gischa

Tim Redaksi

KOMPAS.comBahasa Inggris menjadi bahasa internasional utama yang sering digunakan untuk berkomunikasi di berbagai negara. Jauh sebelum digunakan, Bahasa Inggris memiliki sejarah yang cukup panjang di dunia.

Sebenarnya tidak ada jawaban yang pasti tentang siapa penemu Bahasa Inggris. Namun, menurut Encyclopaedia Britannica, suku Saxon, Jute dan Angles dipercaya menjadi suku pertama yang menggunakan Bahasa Inggris.

Semuanya bermula ketika tiga suku ini berupaya mencari tanah baru untuk ditaklukkan. Pada waktu itu, mereka belum menggunakan Bahasa Inggris modern seperti yang kita gunakan saat ini. Karena mereka masih menggunakan dialek Bahasa Celtic.

Melansir dari situs Oxford International English, sejarah Bahasa Inggris bisa dipahami lewat tiga periodisasi, yakni Bahasa Inggris kuno, Bahasa Inggris pertengahan serta Bahasa Inggris modern. Berikut penjelasannya:

  • Bahasa Inggris Kuno 

Diawali dengan kemunculan Bahasa Inggris primitif pada abad ke-5 hingga abad ke-7. Jenis Bahasa Inggris ini pertama kali diperkenalkan oleh Anglo-Saxon, yang dulunya merupakan salah satu kerajaan di Inggris.

Baca juga: Siapa Penemu Bahasa Indonesia?

Setelah Bahasa Inggris primitif, munculah Bahasa Inggris kuno awal di sekitar abad ke-7 hingga ke-10, dengan Cynewulf dan Adhelm sebagai penulis serta penyair yang menggunakan jenis Bahasa Inggris ini untuk membuat karya mereka.

Sebelum periodisasi ini berakhir, ada Bahasa Inggris kuno akhir yang muncul sekitar abad ke-10 hingga ke-11. Hal ini ditandai dengan adanya peristiwa penaklukan Inggris oleh pasukan Norman, Breton serta Prancis yang dipimpin oleh Normandia William II.

  • Bahasa Inggris pertengahan

Pada periodisasi ini, penggunaan tata Bahasa Inggris mulai teratur dan berkembang. Walaupun pada saat itu, bahasa Latin dan Prancis masih mendominasi penggunaan bahasanya. Geoffrey Chaucher, Bapak Sastra Inggris mulai menggunakan Bahasa Inggris yang lebih kompleks dalam penulisan karyanya.

Saat itu, Bahasa Inggris menjadi salah satu bahasa yang banyak digunakan rakyat untuk berkomunikasi. Bahasa ini terus mengalami perkembangan hingga akhirnya menjadi pondasi atau dasar pembentukan Bahasa Inggris modern.

  • Bahasa Inggris modern

Periodisasi ini berawal dari abad ke-15 hingga abad ke-20. Bahasa Inggris terus mengalami kemajuan dan perkembangan, bersamaan dengan majunya teknologi. Oleh karena tingkat kebutuhan akan frasa dan kata terus bertambah, para cendekiawan membuat kata baru dengan Bahasa Yunani dan Latin sebagai akarnya.

Baca juga: Apakah Bangsa Viking Nyata?

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com