Kompas.com - 05/04/2022, 13:00 WIB

KOMPAS.com – Kalimat merupakan unsur yang ada dalam bidang sastra atau bahasa. Kalimat merupakan unsur penyusun dari paragraf, sedangkan kalimat tersusun oleh kumpulan kata.

Menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI), kalimat adalah kesatuan ujar yang mengungkapkan suatu konsep pikiran dan perasaan. Kalimat juga disebut dengan perkataan.

Kalimat pun beragam macamnya. Macam-macam kalimat tersebut memungkinkan penulis buku, artikel atau sebagainya untuk mevariasikan gaya kepenulisannya.

Macam-macam kalimat tersebut dapat dibedakan berdasar tujuan, pengucapan, cara penyajian, pola subyek dan predikat, unsur kalimat, jumlah frasa, dan subyeknya. Berikut penjelasannya: 

Kalimat berdasarkan tujuan

Macam-macam kalimat berdasarkan tujuannya terbagi menjadi: 

Kalimat perintah

Kalimat perintah adalah kalimat yang bertujuan untuk memberikan perintah kepada seseorang untuk melakukan sesuatu. Kalimat ini akan diakhiri tanda seru (!) yang pelafalannya dengan intonasi tinggi.

Contoh: Tolong buka pintu stoples itu!

Kalimat berita

Kalimat berita merupakan kalimat yang bertujuan untuk memberitahukan atau menginformasikan suatu hal. Kalimat berita diakhiri dengan tanda titik (.) yang dalam pelafalannya diakhiri dengan intonasi menurun.

Contoh: Kita akan berangkat menonton pertandingan sepak bola sore nanti.

Baca juga: Konjungsi dalam Bahasa Indonesia

Kalimat seruan

Kalimat seruan yaitu kalimat yang bertujuan untuk mengungkapkan perasaan. Kalimat ini diakhiri tanda seru (!) atau tanda titik (.) yang pelafalannya dengan intonasi tinggi.

Halaman Selanjutnya
Halaman:

Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.