Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Bagian-bagian Bunga dan Variasi Strukturnya

Kompas.com - 22/03/2022, 13:00 WIB
Belila Mega,
Vanya Karunia Mulia Putri

Tim Redaksi

KOMPAS.com - Bunga merupakan salah satu bagian tumbuhan yang memiliki daya tarik paling besar di antara bagian lainnya. Bunga terlihat sangat indah karena memiliki bentuk unik dan warna yang beraneka ragam.

Dilansir dari Encyclopaedia Britannica, bunga adalah struktur reproduksi yang secara khas dimiliki oleh tumbuhan angiosprermae. 

Dalam berbagai warna, ukuran, bentuk, dan susunan anatomisnya, bunga menghadirkan berbagai kombinasi yang seperti tak ada habisnya.

Ukuran bunga ada yang kecil hingga raksasa. Pada beberapa tumbuhan, seperti tulip dan petunia, bunganya relatif besar dan mencolok. Sedangkan tumbuhan lainnya, seperti aster dan lilac, bunganya berukuran sangat kecil.

Bunga tersusun dari beberapa bagian dengan fungsi berbeda. Perbedaan jumlah bagian yang dimiliki bunga akan memengaruhi variasi strukturnya.

Baca juga: 5 Langkah Terpenting dalam Merawat Tanaman Hias Daun

Dikutip dari buku Botany Illustrated (2006) oleh Janice Glimn-Lacy dan Peter B. Kaufman, berikut penjelasan tentang bagian-bagian bunga beserta variasi strukturnya:

Bagian-bagian bunga

Wikimedia Commons/Mariana Ruiz dan LadyofHats Ilustrasi bagian-bagian bunga

Bunga terdiri atas beberapa bagian. Mulai dari tangkai hingga putik.

Tangkai bunga

Disebut juga peduncule. Merupakan tangkai utama yang berfungsi untuk menempelkan bunga ke sumbu tanaman.

Sementara tangkai bunga yang berfungsi untuk menghubungkan bunga tunggal ke tangkai utama disebut pedicle.

Dasar bunga

Dikenal juga receptacle. Adalah bagian bunga yang diperbesar dari sumbu sebagai tempat bagian bunga lainnya. Salah satu fungsi dasar bunga ialah sebagai wadah bertumpunya mahkota bunga.

Kelopak bunga

Dinamakan calyx. Merupakan keseluruhan bagian bunga yang memiliki struktur seperti daun. Kelopak bunga terdiri dari helai kelopak bunga yang disebut sepal

Umumnya sepal berwarna hijau. Namun, ada pula yang berwarna lain. Sepal berfungsi melindungi bunga yang sedang berkembang pada tahap kuncup.

Mahkota bunga

Disebut juga corolla. Adalah gabungan helai mahkota bunga yang disebut petal. Mahkota bunga biasanya berwarna-warni dan mencolok untuk memikat serangga penyerbuk.

Baca juga: Mengenal Hydrangea, Bunga yang Bisa Berubah Warna

Tenda bunga

Dikenal juga tepal. Istilah ini digunakan untuk menyebut bagian yang berfungsi sebagai kelopak dan mahkota, yang secara morfologi terlihat sama tetapi tidak bisa dibedakan.

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com