Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 18/02/2021, 14:33 WIB
Silmi Nurul Utami,
Nibras Nada Nailufar

Tim Redaksi

KOMPAS.com - Pernahkah kamu melihat bunga matahari? Bunga yang besar, berwarna kuning, dengan bentuk seperti Matahari yang sering digambar oleh anak-anak.

Tahukan kamu bahwa bunga matahari memiliki banyak manfaat? Untuk mengetahuinya, yuk kita simak penjelasan di bawah ini!

Ciri-Ciri Bunga Matahari

Bunga matahari adalah tanaman dengan genus Helianthus. Dilansir dari She Said Sunflower, Helianthus berasal dari bahasa Yunani helio yang berarti Matahari dan anthus yang berarti bunga.

Ini karena bentuknya yang seperti Matahari dan sifat heliotropismenya (selalu mengarah ke Matahari). Berikut adalah ciri-ciri dari bunga matahari:

  1. Batang tunggal, tebal, tegak, dan tidak bercabang
  2. Daun hijau tua yang lebar dan besar
  3. Tangkai yang tinggi (namun ada bunga matahari kerdil dengan tangkai yang pendek)
  4. Kelopak bunga majemuk (kelopak bunga berlapis-lapis) berwarna kuning
  5. Biji yang sangat banyak dalam bunga
  6. Akar tunggang
  7. Tumbuh dalam cuaca yang hangat
  8. Tumbuh ke arah matahari

Baca juga: Ciri-ciri Khusus Lotus

Manfaat Bunga Matahari

Jika kamu menanam bunga matahari di halaman, saat bunga tersebut mekar kupu-kupu dan burung akan banyak berdatangan memperindah tamanmu.

Akar bunga matahari juga menghasilkan senyawa kimia yang dapat menekan pertumbuhan gulma, sehingga kamu tidak memerlukan pestisida.

Bunga Matahari memiliki banyak manfaat bagi makhluk hidup. Biji bunga matahari dimanfaat sebagai makanan tinggi gizi bagi burung, hamster, juga marmut. Kelopak bunga matahari juga dapat dimakan dan juga sering digunakan sebagai the herbal.

Biji bunga matahari juga dapat dikonsumsi oleh manusia sebagai makanan ringan yang kaya akan manfaat. Dilansir dari Healthline, biji bunga matahari mengandung serat, vitamin E, niacin, vitamin B6, folat, magnesium, asam pantotenat, seng, tembaga, mangan, selenium, protein, karbohidrat, dan lemak tak jenuh.

Tingginya kandungan gizi membuat biji bunga matahari berperan sebagai antioksidan, mencegah penyakit jantung, peradangan, diabetes, dan mencegah kanker. Biji bunga matahari dapat diolah menjadi minyak nabati, kopi, hingga tepung rendah gluten untuk diet.

Dilansir dari Japan Today, bunga matahari dapat membantu mengeluarkan zat radioaktif dalam tanah dan juga air. Sehingga bunga matahari dapat membersihkan sisa-sisa nuklir yang berbahaya seperti pada bekas reaktor Chernobyl di jepang.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Video rekomendasi
Video lainnya

Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com