Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Memahami Proses Jaring-Jaring Makanan Melalui Teks Fabel

Kompas.com - 28/02/2022, 14:00 WIB
Serafica Gischa

Editor

Oleh: Nolilita, Guru SMPN Binaan Khusus Kota Dumai, Riau

 

KOMPAS.com - Seperti apa kalau kita menjadi seekor belalang? Apakah yang terjadi apabila ular lebih banyak? Hal tersebut berkaitan dengan jaring-jaring makanan. 

Untuk mengetahui proses jaring-jaring makanan, dapat dilakukan praktik dengan bermain peran. Hal ini tentu akan memberikan pemahaman lebih jelas dan siswa didik bisa mengerti proses jaring-jaring makanan dengan mudah. 

Sebelum bermain peran, kita harus memahami adanya hubungan saling ketergantungan antarkomponen biotik yang terjadi antara makhluk hidup satu dan makhluk hidup lainnya dalam ekosistem.

Tidak ada makhluk hidup yang dapat hidup tanpa makhluk hidup lainnya. Setiap makhluk hidup memerlukan makhluk hidup lainnya untuk saling mendukung kehidupan, baik secara langsung maupun tidak langsung. 

Komponen biotik terdiri atas produsen, konsumen, dan pengurai. Hubungan saling ketergantungan antara produsen, konsumen, dan pengurai terjadi melalui peristiwa makan dan di makan.

Dalam peristiwa makan dan dimakan terjadi aliran perpindahan energi antar makhluk hidup. Perpindahan energi yang terjadi dalam suatu ekosistem dapat digambarkan dalam bentuk diagram rantai makanan, jaring-jaring makanan, dan piramida makanan.

Baca juga: Perbedaan Rantai Makanan dan Jaring-Jaring Makanan

Bermain peran 

Bermain peran adalah salah satu cara agar peserta didik memahami materi pembelajaran dengan lebih santai.

Bermain peran juga bisa dikolaborasikan dengan mapel Bahasa Indonesia dalam bentuk teks fabel yang nantinya akan terbentuk sebuah teks cerita yang lahir dari bermain peran ketika belajar.

Peserta didik akan memegang perannya masing-masing berdasarkan kesepakatan kelompok. Dengan demikian peserta didik akan mengetahui apa yang akan mereka lakukan dan seperti apa kehidupan masing-masing peran di dalam jaring-jaring makanan.

Adapun peran yang ada dalam jarring-jaring makan tersebut adalah tumbuhan (rumput), ulat, burung, belalang, katak, tikus dan elang.

Tujuan dilakukannya praktik ini adalah untuk mengetahui interaksi antarkomponen biotik peristiwa makan di makan, simbiosis dan kompetisi. 

Untuk alat dan bahan yang digunakan dalam praktikum ini di antaranya tali rafia, gunting, kardus bekas dan Spidol. Sedangkan untuk prosedur kerja sebagai berikut: 

  • Buatlah kartu berukuran 20 cm x 15 cm dari kardus bekas sebanyak dua buah per kelompok.
  • Lubangi setiap kartu di kedua sudut atasnya dan ikatlah dengan tali rafia sepanjang 50 cm melalui lubang kartu sehingga dapat dikalungkan di leher.
  • Tulislah menggunakan spidol pada setiap kartu dengan nama organisme-organisme seperti tanaman kembang sepatu, kupu-kupu, burung gelatik, ular, katak, belalang, ulat, ayam, burung elang, dan musang. Selain itu, tuliskan jenis interaksi yang terjadi di ketiga kartu yang lain yaitu kompetisi, parasitisme, dan mutualisme.
  • Kalungkan kartu-kartu tersebut di leher teman-temanmu dan mintalah temanmu memainkan perannya sesuai dengan jenis organisme yang tertulis pada kalung tersebut.
  • Mintalah temanmu yang berperan sebagai tanaman kembang sepatu untuk berdiri sambil memegang tiga cabang tali rafia yang panjang.
  • Mintalah temanmu yang lain untuk memegang tali rafia tersebut sesuai dengan organisme yang diperankannya. Misalnya tanaman kembang sepatu dimakan ulat sehingga temanmu yang berperan sebagai ulat memegang tali rafia dari temanmu yang berperan sebagai tanaman kembang sepatu. Demikian seterusnya sehingga terbentuk suatu jaring-jaring makanan.
  • Mintalah teman-temanmu yang berkalungkan kartu dengan nama kompetisi, parasitisme dan mutualisme untuk berdiri di antara organisme yang mengadakan jenis interaksi tersebut. 

Baca juga: Jaring-Jaring Makanan yang Terjadi di Danau, Laut, Sawah, dan Hutan

Stuktur cerita fabel 

Dengan peran yang dimainkan bisa menuangkannya dalam sebuah teks yaitu teks cerita fabel. Teks cerita fabel mengisahkan cerita yang berkaitan dengan hewan. Berikut langkah-langkahnya: 

  • Mengenalkan tokoh atau orientasi

Tahap pertama, peserta didik bisa mengenalkan tokoh terlebih dahulu, hal ini tentunya disesuaikan dengan peran yang peserta didik dapatkan dalam jaring-jaring makanan.

Halaman Berikutnya
Halaman:
Baca tentang
Video rekomendasi
Video lainnya

Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com