Kompas.com - 20/01/2022, 11:04 WIB
Persamaan linear satu variabel Kompas.com/SILMI NURUL UTAMIPersamaan linear satu variabel


KOMPAS.com – Dalam ilmu matematika terutama ketika mempelajari aljabar, ada yang disebut dengan persamaan linear satu variabel. Apa itu persamaan linear satu variabel? Untuk mengetahui jawabannya, simaklah penjelasan berikut!

Dilansir dari Mathematics LibreTexts, persamaan yang grafiknya berupa garis lurus disebut dengan persamaan linear. Persamaan linear ada beberapa jenis, bergantung pada jumlah variabelnya. Namun, persamaan linear satu variabel atau yang sering disingkat dengan PLSV adalah yang paling dasar.

Pengertian persamaan linear satu variabel

Persamaan linear satu variabel adalah persamaan garis lurus dengan hanya satu variabel peubah yang memiliki derajat 1 (pangkat tertinggi dari x = 1). Bentuk umum persamaan linear satu variabel ditandai dengan simbol sama dengan “=” adalah sebagai berikut:

ax + b = 0

Dengan,
a: koefisien bilangan real yang tidak sama dengan nol
x: variabel peubah
b: konstanta bilangan real yang tidak sama dengan nol

Baca juga: Persamaaan Nilai Mutlak Linear Satu Variabel

Dilansir dari Cuemath, variabel atau simbol apapun dapat digunakan untuk menyatakan besaran yang tidak diketahui dalam persamaan linear, tetapi umumnya menggunakan variabel “x”.

Sehingga, variabel “x” dalam bentuk umumnya bisa diubah menjadi y, z, ataupun simbol lain. Misalnya, menjadi ay + b = 0.

Contoh persamaan satu variabel adalah:

  • 2x + 7 = 19
  • 3y = 2y + 3
  • 4x + 1 = 13
  • x – 3 = 5
  • 2q + 1 = -9

Baca juga: Persamaan Linear Dua Variabel

Solusi persamaan linear satu variabel

Persamaan linear satu variabel memiliki solusi yang dapat dicari. Dilansir dari Lumen Learning, pemecahan solusi persamaan linear satu variabel dapat menggunakan sifat dasar persamaan dan operasi aljabar.

Misalnya, suatu persamaan linear satu variabel adalah 2x + 7 = 19. Berapakah solusi dari persamaan tersebut?

Halaman Selanjutnya
Halaman:

Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.