Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Persamaaan Nilai Mutlak Linear Satu Variabel

Kompas.com - 12/10/2020, 18:53 WIB
Risya Fauziyyah,
Rigel Raimarda

Tim Redaksi

KOMPAS.com - Nilai mutlak memilki sistem persamaan dan pertidaksamaan. Mungkin diantara kalian masih kesulitan membedakan persamaan dan pertidaksamaan dalam nilai mutlak.

Pada pembahasan kali ini, kita akan mengkaji apa definisi dari sistem persamaan nilai mutlak linear satu variabel dengan tuntas. Serta sifat apa saja yang harus diketahui untuk menyelesaikan sistem persamaan nilai mutlak linear satu variabel.

Dikutip dari ClifftsNotes Texes Math 4-8 (115) and Math 7-12 (235) oleh Sandra Lune McCune tahun 2020, penyelesaian persamaan nilai mutlak linear satu variabel ini maksudnya adalah untuk mengubah suatu persamaan nilai mutlak satu variabel menjadi persamaan linear.

Secara definisi persamaan merupakan suatu pernyataan matematis dimana terdapat dua pernyataan yang sama. Persamaan dinyatakan dalam bentuk sama dengan (=). Persamaan linear adalah persamaan yang variabelnya memiliki pangkat tertingginya adalah satu.

Baca juga: Konsep Dasar NIlai Mutlak

Variabel disebut juga peubah, yaitu sesuatu yang memiliki nilai dan dapat berubah. Secara matematis, variabel pada umumnya ditulis dengan simbol x,y, atau z.

Persamaan nilai mutlak linear satu variabel ini merupakan suatu persamaan nilai mutlak yang hanya menggunakan satu variabel (biasanya variabel x).

Pada persamaan nilai mutlak linear satu variabel, terdapat dua cara penyelesian yang dapat dilakukan.

Cara penyelesaian pertama, untuk setiap a, b, c dan x bilangan real dengan a≠0, berlaku penyelesaian dengan sifat berikut:

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com