Kompas.com - 20/01/2022, 09:00 WIB

KOMPAS.comStruktur organisasi sangat diperlukan dalam organisasi karena berperan untuk mengatur hubungan antarunit kerja, serta melakukan pembagian dan pengoordinasian tugas serta wewenang secara lebih efektif.

Dalam struktur organisasi digambarkan dengan jelas kerangka hubungan antarfungsi, bagian, posisi, wewenang dan hierarki. Terbentuknya struktur organisasi bisa memberikan stabilitas dan kontinuitas yang memungkinkan organisasi terus bertahan.

Alasan struktur organisasi sangat diperlukan dalam organisasi

Melansir buku Perancangan Organisasi dan Sumber Daya Manusia (2021) karya Mariana Simanjuntak, dkk, struktur organisasi adalah pola hubungan dan susunan berbagai komponen (unit kerja) dalam organisasi.

Struktur organisasi menunjukkan adanya pembagian kerja dan bagaimana berbagai fungsi atau kegiatan di dalamnya diintegrasikan untuk meraih tujuan organisasi.

Dikutip dari buku Journalism Today (2019) karya Andi Fachruddin, struktur organisasi berperan penting untuk mengatur hubungan yang baik antarunit kerja. Supaya antarunit tersebut bisa bekerja sama dengan maksimal.

Baca juga: Pengertian Struktur Organisasi serta Fungsi Pentingnya

Selain itu, struktur organisasi juga mempermudah proses pengintegrasian fungsi dalam perusahaan agar berjalan efektif dan efisien.

Dalam buku Manajemen Sumber Daya Manusia di Era Revolusi Industri 4.0 (2021) karya Prayogo Kusumaryoko, dituliskan bahwa struktur organisasi juga berperan penting karena merupakan gambaran umum mengenai cara membangun koordinasi antara pihak manajemen, karyawan, serta tim kerja.

Berdasarkan pemaparan di atas, bisa diambil kesimpulan bahwa ada tiga alasan mengapa struktur organisasi sangat diperlukan dalam organisasi, yakni:

  • Memuat pembagian kerja dan bagaimana cara kerja fungsi organisasi.
  • Mengatur hubungan yang baik antarunit kerja agar bisa bekerja sama maksimal guna meraih tujuan organisasi yang diinginkan. Begitu pula dengan proses pengintergrasian fungsi dalam perusahaan agar efektif dan efisien.
  • Struktur organisasi sangat diperlukan karena berisikan gambaran umum tentang cara membangun koordinasi antarberbagai pihak dalam organsiasi, seperti manajemen, karyawan, dan tim kerja.
Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.


Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.