Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Apa Peran Penting Komunikasi dalam Organisasi?

Kompas.com - 15/01/2022, 10:00 WIB
Vanya Karunia Mulia Putri

Penulis

KOMPAS.comPeran penting komunikasi dalam organisasi adalah menciptakan serta menjaga hubungan relasi serta komunikasi yang intim, baik antara pimpinan dengan karyawan maupun antarkaryawan.

Dalam organisasi, komunikasi diibaratkan sebagai aliran darah atau saraf organisasi. Dengan demikian bisa dikatakan bahwa memang komunikasi sangat berperan penting dalam organisasi.

Peran penting komunikasi dalam organisasi

Komunikasi adalah proses pengiriman pesan oleh komunikator dan penerimaan pesan oleh komunikan. Komunikasi organisasi berarti proses pengiriman pesan tersebut terjadi dalam lingkup organisasi.

Mengutip buku Teori Perilaku Organisasi (2021) karya Marisi Butarbutar, dkk, komunikasi merupakan segala bentuk aktivitas manusia dan menjadi bagian terpenting dalam suatu organisasi, guna menyebarluaskan informasi atau menerima informasi lewat berbagai media.

Tanpa komunikasi, organisasi tidak mungkin ada. Karena komunikasi menghubungkan antarorang dan antarbagian dalam organisasi, atau sebagai aliran yang mampu menggerakkan berbagai pihak di dalamnya agar mau bekerja sama mencapai tujuan organisasi.

Komunikasi berperan penting dalam organisasi sebagai saluran dalam melakukan, menerima pengaruh, dan sebagai alat pendorong motivasi kerja, sebagai sarana yang memungkinkan sebuah organisasi mencapai tujuannya.

Baca juga: Komunikasi Organisasi: Pengertian dan Cirinya

Melansir buku Kinerja Sumber Daya Manusia: Teori, Aplikasi dan Penelitian (2020) karya Ni Kadek Suryani, dkk, dalam organisasi, peran penting komunikasi adalah sebagai proses terhubungnya informasi, ide, pemikiran, pendapat, dan rencana di antara seluruh pihak yang terlibat.

Agar peran penting komunikasi dalam organisasi bisa berjalan efektif dan lancar, hendaknya seluruh anggota berupaya sebaik mungkin dan jelas saat menyampaikan pesan, ide, maupun gagasan.

Ketika seseorang dalam organisasi kurang mampu berkomunikasi dengan efektif, hal ini tentunya bisa memberi dampak negatif, tidak hanya pada hubungan kerja, namun juga produktivitasnya.

Bila disimpulkan, ada tiga peran penting komunikasi dalam organisasi, yaitu:

  1. Menciptakan serta menjaga relasi dan hubungan yang intim antara pimpinan dengan karyawan serta antarkaryawan.
  2. Menghubungkan antarorang dan antarbagian dalam organisasi, serta menggerakkan mereka agar mau bekerja sama meraih tujuan.
  3. Menjadi saluran dalam melakukan, menerima pengaruh, maupun sebagai pendorong atau motivasi kerja yang memungkinkan tujuan organisasi terwujud.
Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com