Kompas.com - 19/01/2022, 09:00 WIB

Oleh: Nolilita, Guru SMPN Binaan Khusus Kota Dumai, Riau

 

KOMPAS.com - Cerita pendek atau cerpen adalah cerita yang hanya memiliki konflik sederhana dan terdiri dari beberapa tokoh. Cerita pendek juga sering diartikan cerita yang habis sekali baca.

Meskipun cerpen terkesan sederhana dalam penulisannya, untuk membuat cerpen tetap dibutuhkan berbagai teknik agar cerita yang dikarang menjadi unik, baru, dan tidak ada duanya dari cerita lainnya.

Dari salah satu obyek yang sama, ada beberpa sudut unik yang dapat ditulis oleh pengarang. Pengarang dapat membumbui kisah-kisah pendek dengan berbagai fantasi dan pengalaman pribadi pengarang yang tentu saja tidak sama dengan pengalaman yang dimiliki pengarang atau orang lain.

Baca juga: Unsur Intrinsik dan Ekstrinsik pada Cerpen

Teknik menulis cerpen

Ada beberapa teknik yang digunakan dalam menulis cerita pendek seperti contoh cerpen Pohon Keramat yaitu :

Paragraf pertama yang mengesankan

Paragraf pertama yang mengesankan merupakan kunci pembuka dalam sebuah cerpen selain dari judul.

Cerpen adalah karangan pendek, maka dari itu paragraf pertama sebaiknya langsung masuk pada pokok persoalan dari cerita tidak perlu ditulis hal-hal klise dan menggurui karena akan menhadirkan kejenuhan dan apatis bagi para pembacanya

Contohnya:

Di sebelah barat kampungnya ada gunung yang tidak begitu besar. Disebut gunung barangkali tidak tepat karena areanya terlalu kecil, lebih tepatnya disebut bukit. Tetapi peduduk kampung, sejak dulu sampai sekarang menyebutnya dengan Gunung Beser. (Sumber: Pohon Keramat)

Pertimbangkan pembaca

Pembaca adalah penikmat bacaan yang ditulis oleh seorang penulis atau pengarang. Maka pembaca memerlukan bacaan yang baru, segar, unik, menarik dan menyentuh perasaan.

Halaman:
Baca tentang

Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.