Kompas.com - 17/01/2022, 10:00 WIB
Ilustrasi struktur organisasi Freepik.com/FreepikIlustrasi struktur organisasi

KOMPAS.comStruktur organisasi adalah susunan serta hubungan antara tiap bagian dalam organisasi, baik secara posisi maupun tugas, demi mencapai tujuan bersama.

Sebuah struktur organisasi dikatakan sehat apabila tiap satuan di dalamnya bisa menjalankan peranannya masing-masing dengan tertib, sehingga usaha dan hasil kerjanya optimal.

Pengertian struktur organisasi

Mariana Simanjuntak, dkk dalam buku Perancangan Organisasi dan Sumber Daya Manusia (2021), menuliskan bahwa pengertian struktur organisasi adalah susunan komponen-komponen (unit kerja) dalam organisasi.

Isi struktur organisasi menunjukkan adanya pembagian kerja, spesialisasi pekerjaan, saluran perintah, penyampaian laporan, serta bagaimana fungsi atau kegiatan yang berbeda tersebut diintegrasikan atau dikoordinasikan.

Dikutip dari buku Manajemen Sumber Daya Manusia di Era Revolusi Industri 4.0 (2021) karya Prayogo Kusumaryoko, Robbins dan Judge mendefinisikan struktur organisasi sebagai cara pembagian, pengelompokan, dan pengoordinasian tugas pekerjaan secara formal.

Berdasarkan pengertian di atas, bisa dikatakan bahwa struktur organisasi memuat cara membangun koordinasi antara manajer serta karyawan atau tim kerja, dan bukan sekadar distribusi pekerjaan.

Baca juga: Komunikasi Organisasi: Pengertian dan Cirinya

Fungsi penting struktur organisasi

Salah satu fungsi penting struktur organisasi ialah mempertegas garis pembagian, pengelompokan, serta pengoordinasian tugas pekerjaan di antara anggota organisasi.

Melansir buku Perilaku Organisasi (2021) karya Tri Ngudi Wiyatno, dkk, berikut fungsi penting struktur organisasi:

Memungkinkan proses komunikasi berjalan lebih baik

Dalam organisasi, arus informasi sangatlah penting. Oleh sebab itu, struktur organisasi hendaknya dirancang dengan jalur komunikasi yang jelas.

Membuat hubungan pelaporan menjadi lebih jelas

Struktur organisasi berfungsi memperjelas hubungan pelaporan, agar para anggotanya memahami apa tanggung jawab serta kepada siapakah mereka harus bertanggung jawab.

Selain itu, hubungan pelaporan yang jelas juga memudahkan manajer dalam mengawasi pekerja lainnya yang berada di tingkatan lebih rendah.

Memudahkan pertumbuhan dan ekspansi organisasi

Adanya struktur organisasi membuat pihak atasan mengetahui penempatan orang sesuai posisi dan keahliannya. Dengan demikian, pekerjaan akan lebih efektif dan tujuan organisasi dapat tercapai, yang pada akhirnya mempermudah pertumbuhan serta ekspansi organisasi.

Efisiensi dalam pelaksanaan dan penyelesaian tugas

Fungsi penting dalam struktur organisasi adalah membantu pelaksanaan dan penyelesaian tugas dengan lebih efisien. Karena semua anggota tahu apa tanggung jawab, apa yang harus dilakukan, dan kepada siapa mereka harus bertanggung jawab.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.


Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.