Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Contoh Teks Pengalaman Menggunakan Produk Dalam Negeri

Kompas.com - 03/11/2021, 08:00 WIB
Silmi Nurul Utami,
Serafica Gischa

Tim Redaksi

KOMPAS.com – Produk lokal merupakan produk yang berasal dari dalam negeri. Produk lokal memiliki kualitas yang dapat bersaing dengan produk luar negeri. 

Megawati Simanjuntak dan Lilik Noor Yuliati dalam buku Cintai Produk Indonesia Meningkatkan Minat Beli Kaum Milenial terhadap Produk Lokal (2019) menyebutkan produk lokal merupakan produk yang terbuat dari bahan dan tenaga kerja yang berasal dari dalam negeri, menggunakan merek lokal, dan pemilik perusahaannya juga merupakan warga Indonesia.

Pengalaman menggunakan produk dalam negeri dalapt dituliskan dalam teks cerita ulang. Menurut Engkos Kosasih dalam buku Ketatabahasaan dan Kesusastraan (2004) cerita ulang adalah teks yang menceritakan kembali kejadian atau pengalaman masa lampau.

Contoh teks pengalaman 

Tulis pengalamanmu menggunakan produk dalam negeri. Deskripsikan produk tersebut secara detail! Berikut adalah contoh teks pengalaman menggunakan produk dalam negeri:

Pengalaman menggunakan baju batik Indonesia

Saya menggunakan baju batik Indonesia yang dibeli dari salah satu pengrajin batik di Kota Solo. Baju batik tersebut memiliki ukuran dan potongan baju yang nyaman dikenakan. Jahitan bajunya juga rapi dan kuat, sehingga tidak mudah sobek dan rusak.

Baju batik Indonesia juga memiliki motif yang unik dengan warna yang indah. Belum lagi baju tersebut tidak luntur ketika dicuci, sehingga warnanya awet dan tidak mengotori baju lain.

Baca juga: Contoh Teks Eksplanasi Ilmiah tentang Gerakan Peduli Energi

Pengalaman menggunakan tas punggung produk lokal Indonesia

Saya membeli tas punggung produk lokal sekitar dua tahun yang lalu. Tas tersebut sangat nyaman digunakan dan tidak menyebabkan sakit punggung ketika membawa beban berat. Tas punggung tersebut juga sangat kuat.

Setelah penggunaan selama dua tahun, tas punggung masih awet. Jaitan tas masih kuat dan tidak ada yang robek, warna taspun masih cemerlang asal dibersihkan dengan cara yang benar, dan masih kuat untuk membawa barang berat.

Sehingga tas punggung produksi lokal memiliki kualitas yang tinggi dan dapat bersaing dengan produk tas punggung luar negeri.

Pengalaman menggunakan sepatu produk lokal Indonesia

Saya selalu menggunakan sepatu produk lokal dalam kegiatan sehari-hari, seperti sekolah dan pergi bermain. Sepatu produk lokal memiliki banyak desain dengan bentuk dan warna yang menarik. Sepatu lokal juga menggunakan bahan kain dan karet yang berkualitas dan dibuat dengan teliti.

Sehingga sepatu lokal nyaman saat digunakan, juga tidak membuat kaki lecet karena bahannya yang lembut. Sepatu produk lokal juga dapat dibeli dengan harga yang terjangkau, jauh lebih murah daripada sepatu produk luar negeri.

Namun, sepatu produk lokal memili kualitas yang sangat baik. Sepatu produk lokal nyaman saat digunakan, warnanya tidak mudah luntur, dan jaitannya kuat sehingga tidak mudah jebol dan dapat bertahan dalam jangka waktu pemakaian yang lama.

Baca juga: Contoh Teks Eksplanasi tentang Makanan Sehat

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya

Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com