Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Contoh Teks Pidato Perpisahan Kelas 6 SD

Kompas.com - Diperbarui 09/12/2021, 14:42 WIB
Vanya Karunia Mulia Putri ,
Serafica Gischa

Tim Redaksi

KOMPAS.com - Pidato merupakan bentuk kegiatan orasi atau berbicara di depan umum. Pidato bertujuan untuk memberi informasi atau membujuk pendengarnya.

Teks pidato hendaknya disusun sebaik mungkin dengan menggunakan gaya bahasa yang sesuai, agar isi pidato menarik dan lebih mudah dimengerti pendengarnya.

Menurut Arif Yosodipuro dalam buku Pintar Pidato: Kiat menjadi Orator Hebat (2020), dalam pembuatannya, teks pidato harus disusun secara sistematis dan berurutan, supaya penyampaiannya lebih mudah.

Teks pidato memiliki banyak jenis. Salah satunya pidato perpisahan. Jenis pidato ini sering digunakan saat seseorang atau sekelompok orang akan pergi meninggalkan lembaga atau kelompok tertentu. Contohnya sekolah, perguruan tinggi, dan lain-lain.

Agar lebih mudah mengerti tentang teks pidato perpisahan, mari kita simak dua contoh teks pidato perpisahan kelas 6 SD di bawah ini:

Baca juga: Pidato: Tujuan dan Jenisnya

Contoh teks pidato

Contoh 1: 

Selamat pagi, salam sejahtera untuk kita semua.

Yang saya hormati Bapak Kepala Sekolah SD Negeri Harapan Satu
Yang saya hormati bapak dan ibu guru
Yang saya hormati para orang tua atau wali murih
Yang saya kasihi teman-teman dan adik kelas semuanya.

Puji dan syukur mari kita haturkan ke hadirat Tuhan Yang Maha Esa, karena atas berkat dan rahmat-Nya, kita bisa berkumpul di tempat ini dalam keadaan sehat.

Saya di sini mewakili seluruh teman-teman kelas 6 SD Negeri Harapan Satu, ingin mengucapkan terima kasih kepada Kepala Sekolah, bapak dan ibu guru serta para orang tua atas kesediaannya untuk menghadiri acara perpisahan ini.

Secara khusus, saya dan teman-teman kelas 6 ingin mengucapkan banyak terima kasih kepada bapak dan ibu guru yang selama kurang lebih enam tahun ini telah mendampingi serta mengajari kami banyak hal. Mulai dari ilmu pelajaran hingga pendidikan berharga lainnya.

Tentu selama kami menempuh pendidikan di SD Negeri Harapan Satu, sering melakukan kesalahan dan membuat bapak ibu guru kecewa. Untuk itu, kami mohon maaf sebesar-besarnya jika ada perbuatan atau tindakan kami yang kurang berkenan di hati bapak dan ibu guru.

Baca juga: Cara Menulis Teks Pidato

Untuk adik kelas, kami berpesan tetaplah semangat belajar demi mengejar cita-cita yang kalian inginkan. Jangan pernah putus asa dan turutilah pesan bapak ibu guru.

Pada kesempatan ini pula, kami anak-anak kelas 6 SD Negeri Harapan Satu ingin meminta doa restu dari kepala sekolah dan bapak ibu guru, supaya nantinya kami bisa lebih tekun belajar di jenjang pendidikan berikutnya dan akhirnya berhasil menggapai cita-cita kami.

Terakhir, saya ingin mengucapkan banyak terima kasih kepada orang tua kami yang senantiasa mendukung, menyayangi dan mencintai kami. Terima kasih banyak, kami sangat menyayangi kalian.

Demikian yang bisa saya sampaikan dalam acara perpisahan ini. Mohon maaf bila ada salah kata dan sampai jumpa di lain waktu.

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com