Kompas.com - 07/04/2021, 14:59 WIB
Ilustrasi Industri Hulu Minyak dan Gas Bumi Indonesia SHUTTERSTOCKIlustrasi Industri Hulu Minyak dan Gas Bumi Indonesia

KOMPAS.com - Indonesia merupakan negara yang kaya akan sumber daya alam. Hasil kekayaan sumber daya yang diambil dari alam Indonesia, bersifat surplus (lebih) dalam memenuhi kebutuhan negara.

Sehingga Indonesia dapat menjual sumber daya tersebut dalam bentuk komoditas ke luar negeri (melakukan ekspor).

Komoditas ekspor Indonesia mencakup udang, kopi, minyak kelapa sawit, kakao, karet, produk tekstil, alas kaki, elektronika, otomotif, furnitur, teh, beras, emas, batubara, gas alam, coalbed methane (CBM), dan minyak bumi.

Dari komoditas ekspor tersebut, contoh komoditas migas indonesia yang diekspor ke luar negeri adalah gas alam, coalbed methane (CBM), dan minyak Bumi, sedangkan sisanya adalah komoditas non-migas. Berikut penjelasannya: 

  • Minyak Bumi

Minyak bumi adalah bahan bakar fosil yang didapatkan dengan cara pengeboran. Hingga saat ini bahan bakar fosil masih memegang peran bahan bakar terpenting di dunia. Minyak bumi bahkan berkontribusi sebanyak 33 persen dalam memenuhi kebutuhan energi dunia.

Baca juga: Diagram Gambar Produksi Minyak Bumi

Dilansir dari Indonesia Investments, Indonesia memiliki cadangan minyak sebanyak 91.670.000 bpd (barrels per hari) dengan produksi sekitar 600.00 hingga 700.000 bpd pada tahun 2019.

Angka tersebut menjadikan Indonesia menjadi salah satu negara pengekspor minyak bumi untuk memenuhi kebutuhan konsumsi energi dunia.

  • Gas Alam

Gas alam adalah salah satu kekayaan bumi Indonesia merupakan gas yang didapat dari sisa-sisa makhluk hidup di masa lampau.

Gas alam memegang peran penting sebagai 23 persen total penyuplai energi dunia. Pada tahun 2015 Indonesia memproduksi 75 miliar m³ gas alam, mengonsumsi 39,7 miliar m³, dan mengekspor lebih dari setengah produksinya ke luar negeri.

Gas alam Indonesia di ekspor dalam bentuk liquefied natural gas (LNG). Indonesia merupakan negara pengekspor gas terbesar keempat di dunia setelah Qatar, Malaysia, dan Australia.

Halaman:

Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.