Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Karakteristik Geografis Thailand

Kompas.com - 08/04/2021, 15:09 WIB
Vanya Karunia Mulia Putri ,
Serafica Gischa

Tim Redaksi

KOMPAS.com - Thailand terletak di Asia Tenggara dan merupakan salah satu anggota ASEAN. Total luas wilayahnya kurang lebih 513.120 kilometer persegi.

Negara dengan ibu kota Bangkok ini memiliki letak astronomis di 5º LU - 21º LU dan 97º BT - 106º BT. Thailand termasuk dalam negara terbesar nomor tiga di Asia Tenggara, setelah Indonesia dan Myanmar.

Bagaimana karakteristik geografis Thailand?

Melansir dari situs Kementerian Luar Negeri (Kemenlu RI), Thailand memiliki panjang perbatasan sekitar 8.031 kilometer. 5.326 kilometer merupakan perbatasan darat, sedangkan 2.705 kilometer merupakan perbatasan laut.

Batas wilayah Thailand:

  1. Batas sebelah utara: Myanmar dan kota paling utara Laos, yakni Mae Sai di Provinsi Chiang Rai.
  2. Batas sebelah selatan: Malaysia dan kota paling selatan di di Teluk Thailand, yakni Betong di Provinsi Yala.
  3. Batas sebelah timur: Laos dan Kamboja.
  4. Batas sebelah Barat: Myanmar dan Selat Malaka.

Baca juga: Thailand, Negara ASEAN yang Tidak Pernah Dijajah

Dikutip dari Tourism Thailand, kondisi geografis Thailand terdiri atas daerah pegunungan, dataran tinggi, dataran rendah serta dataran pesisir di berbagai wilayahnya.

Thailand memiliki gunung tertinggi yang berada di daerah sebelah utaranya, yakni Gunung Doi Inthanon dengan ketinggian 2.565 meter di atas permukaan air laut.

Tidak hanya itu, Thailand juga memiliki sungai terpanjang di Asia Tenggara, yakni Sungai Mekong. Panjangnya mencapai 4.350 kilometer.

Iklim di Thailand kurang lebih hampir sama dengan di Indonesia, yakni iklim tropis. Namun, beberapa daerah di Thailand juga ada yang memiliki iklim sub tropis atau memiliki tiga jenis musim, seperti musim panas, musim dingin dan musim hujan.

Untuk zona waktu, Thailand tidak memiliki perbedaan waktu dengan Indonesia. Karena letak astronomisnya berdekatan dan sejajar dengan Indonesia. Sehingga Thailand dan Indonesia memiliki zona waktu yang sama, yakni UTC+7.

 

Tiap hari, kamu membuka website, menonton video di Youtube maupun film di Netflix. Kamu mengakses internet. Tapi, apa sebenarnya internet dan sejak kapan ada?

Tahukah kamu gagasan soal internet sebenarnya sudah muncul sejak tahun 1960-an? Bagaimana ceritanya? Temukan dalam komik Virion: Guru Avan.

Di komik itu, kamu akan belajar soal internet dari Guru Avan, seorang guru dari Madura. Bukan cuma soal teknologinya saja, kamu juga akan tahu soal kesenjangan digital. Apa itu? adakah hubungannya dengan internet lelet? Kamu bisa mengetahui di komiknya.

Mungkin kamu tidak puas dengan proses belajar saat Covid-19. Di akhir komik, kamu bisa memberi usulan kepada Menteri Pendidikan dan Kebudayaan, Nadiem Makarim, supaya proses belajarmu di rumah lebih baik.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com