Kompas.com - 08/09/2021, 14:30 WIB
Ilustrasi contoh teks eksplanasi makanan sehat KOMPAS.com/Gischa PrameswariIlustrasi contoh teks eksplanasi makanan sehat

KOMPAS.comTeks eksplanasi digunakan untuk menjelaskan sebuah fenomena atau peristiwa. Jenis teks ini memiliki fungsi sosial, yakni menjelaskan kepada masyarakat mengenai proses terjadinya suatu hal, disusun berdasarkan konsep sebab-akibat.

Dikutip dari buku Tekun Berbahasa Indonesia (2020) karya Churin In Nabilah, teks eksplanasi merupakan jenis teks yang berisikan penjelasan mengenai fenomena, peristiwa atau suatu hal yang terjadi di kehidupan sehari-hari.

Fenomena ini bisa dalam bentuk pendidikan, sosial, budaya, ekonomi, politik, hukum, dan masih banyak lagi. Teks eksplanasi menjelaskan secara mendalam mengenai proses dan urutan terjadinya peristiwa.

Menurut Taufiqur Rahman dalam buku Teks dalam Kajian Struktur dan Kebahasaan (2018), struktur teks eksplanasi terdiri atas:

  1. Pernyataan umum
    Isinya berupa informasi singkat tentang hal yang akan dibicarakan. Dalam bagian ini harus disampaikan tentang proses, kenapa, dan bagaimana hal tersebut dapat terjadi.
  2. Deretan penjelasan
    Isinya berupa uraian atau penjelasan tentang terjadinya sebuah peristiwa. Uraian ini disampaikan secara urut, dapat berdasarkan waktu, atau berdasarkan proses.
  3. Interpretasi
    Isinya berupa pendapat singkat penulis mengenai peristiwa tersebut. Pendapat ini berisikan kesimpulan atau penegasan dari keseluruhan isi teks.

Baca juga: Contoh Teks Negosiasi Antara Guru dan Siswa Tentang Pengumpulan Tugas

Contoh teks eksplanasi tentang makanan sehat

Contoh 1:

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Jenis Makanan Sehat

Pernyataan umum

Tubuh manusia membutuhkan asupan nutrisi. Asupan ini bisa didapat dari mengonsumsi makanan sehat setiap hari. Makanan sehat bisa diolah sendiri atau membeli makanan yang sudah jadi dan dapat dipastikan memang sehat.

Deretan penjelasan

Dilansir dari situs Minnesota Food Charter, makanan sehat adalah makanan yang segar dan bisa meningkatkan nutrisi dalam tubuh ketika dikonsumsi. Makanan sehat biasanya mengandung gizi seimbang yang baik untuk tubuh.

Ada banyak jenis makanan sehat yang dapat dikonsumsi tubuh, yakni:

  1. Sayuran
    Kita bisa menemukan sayuran di pasar, supermarket atau gerai perbelanjaan. Terlebih lagi ada banyak jenis sayuran yang bisa dikonsumsi tiap harinya, seperti brokoli, bayam, wortel, sawi, kangkung, dan masih banyak lagi.
  2. Telur
    Kita juga bisa menemukan telur di pusat perbelanjaan. Telur menjadi salah satu makanan sehat karena mengandung banyak nutrisi baik untuk tubuh, asalkan tidak dikonsumsi berlebihan.
  3. Buah
    Makanan sehat ini bisa ditemui di mana saja, bahkan kita bisa menanamnya sendiri. Buah kaya akan vitamin dan nutrisi baik untuk tubuh. Buah bisa dikonsumsi langsung, ataupun diolah menjadi makanan lainnya.
  4. Daging
    Selain sayuran, telur, dan buah, daging ternyata juga termasuk makanan sehat. Daging mengandung banyak protein dan zat besi yang baik untuk tubuh. Lebih baik sajikan daging tanpa lemak. Daging bisa diolah menjadi berbagai makanan.

Interpretasi

Ada banyak jenis makanan sehat yang bisa kita temui di lingkungan sekitar kita. Konsumsi makanan sehat tiap harinya untuk menjaga nutrisi dalam tubuh. Pastikan untuk memakan makanan sehat yang sudah diolah dengan baik.

Baca juga: Contoh Teks Persuasi Beserta Strukturnya

Contoh 2:

Manfaat Mengonsumsi Makanan Sehat

Pernyataan umum

Sangat penting untuk menjaga kesehatan tubuh. Kesehatan dan daya tahan tubuh dapat dijaga dengan berolahraga dan mengonsumsi makanan sehat tiap harinya. Tidak perlu bersusah payah mencari makanan sehat, karena kita bisa mengolahnya sendiri.

Contohnya sayuran, telur dan daging yang bisa diolah menjadi berbagai jenis makanan. Selain itu, ada buah-buahan yang bisa dikonsumsi langsung atau diolah menjadi makanan lainnya. Masih ada banyak lagi makanan sehat yang bisa kita makan.

Deretan penjelasan

Dalam Medical News Today, dijelaskan jika ada empat manfaat utama dari kebiasaan kita mengonsumsi makanan sehat. Apa sajakah itu?

  1. Menjaga kesehatan jantung
    Makanan sehat yang kaya akan nutrisi dapat membantu jantung kita tetap sehat. Karena nutrisi yang didapatkan adalah yang benar-benar dibutuhkan tubuh untuk bisa beraktivitas dan tetap sehat. Contohnya sayur dan buah.
  2. Mengurangi faktor risiko penyakit mematikan
    Makanan sehat yang memiliki banyak nutrisi baik untuk tubuh dapat meminimalisasi faktor risiko penyakit mematikan, seperti kanker dan penyakit jantung.
  3. Memiliki tulang dan gigi yang lebih kuat
    Makanan sehat juga membuat tulang dan gigi kita menjadi lebih kuat. Makanlah makanan yang banyak mengandung kalsium dan magnesium untuk memperkuat tulang dan gigi.
  4. Meningkatkan kesehatan otak
    Makanan sehat sangat bermanfaat untuk meningkatkan kesehatan otak. Karena dapat melindungi serta meminimalisasi demensia serta penurunan kognitif pada otak. Hal ini bisa dicapai dengan banyak mengonsumsi vitamin D, vitamin C, vitamin E, omega 3, dan ikan.

Interprestasi

Ada banyak sekali manfaat yang bisa didapat ketika kita mau mengonsumsi makanan sehat. Tidak hanya sehat untuk tubuh, tetapi juga membawa banyak manfaat baik. Maka dari itu, ayo kita biasakan makan makanan sehat mulai dari sekarang!

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.


Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.