Kompas.com - 18/09/2021, 17:00 WIB
Ilustrasi dinosaurus abcnews.go.com/Chuang ZhaoIlustrasi dinosaurus

KOMPAS.comDinosaurus diperkirakan punah sejak jutaan tahun yang lalu. Hewan prasejarah ini mengalami kepunahan masal akibat hantaman asteroid.

Manusia saat ini hanya bisa mengenangnya lewat temuan fosil oleh ilmuwan, atau replika dinosaurus di museum atau tempat wisata.

Namun, bagaimana dan apa jadinya jika dinosaurus masih hidup hingga saat ini?
Apakah seisi bumi akan dipenuhi dinosaurus dan kita melihat pemandangan makhluk menakjubkan ini tiap hari?

Dinosaurus tidak mampu bertahan

Dilansir dari situs How Stuff Works, meskipun dinosaurus masih hidup hingga saat ini, mereka tidak akan mampu bertahan hidup. Karena sistem kekebalan tubuhnya tidak siap untuk menangkal bakteri, jamur, serta virus yang jauh lebih modern.

Dari tahun ke tahun, bakteri, jamur, serta virus di permukaan Bumi terus berkembang ke versi yang jauh lebih modern. Namun, dinosaurus hidup sejak puluhan juta tahun yang lalu, sehingga sistem kekebalan tubuhnya tidak sesuai dengan kondisi modern saat ini.

Baca juga: Kenapa Dinosaurus Punah?

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Mungkinkah dinosaurus masih hidup saat ini?

Mengutip dari situs BBC, seandainya saat itu Bumi aman dari hantaman asteroid raksasa, kejayaan dinosaurus akan tetap berakhir. Walaupun era kepunahannya bisa lebih mundur atau bukan puluhan juta tahun yang lalu, melainkan ribuan tahun yang lalu.

Seorang ahli paleontologi dari University of Bristol di Inggris, Mike Benton menjelaskan jika dinosaurus akan tetap mengalami masa kepunahannya, meskipun saat itu tidak ada asteroid yang menghantam Bumi.

Hal ini terjadi karena iklim yang dingin atau besarnya perubahan iklim, sehingga dinosaurus tidak mampu bertahan hidup. Pada akhirnya hewan prasejarah ini akan tetap mengalami kepunahan.

Bagaimana jika dinosaurus tetap hidup?

Jika dinosaurus masih hidup, makhluk hidup di bumi tidak bisa berevolusi. Punahnya dinosaurus puluhan juta tahun yang lalu, telah membawa harapan bagi sejumlah makhluk hidup untuk bisa berevolusi. Dalam situs Science Focus, dijelaskan jika kepunahan dinosaurus membuat hewan mamalia berevolusi.

Evolusi mamalia tersebut disebabkan oleh hilangnya predator atau pesaing utama mereka dalam mendapatkan makanan, yakni dinosaurus. Kepunahan dinosaurus mengubah gaya hidup, termasuk cara mereka mendapatkan makanan.

Singkatnya, dinousaurus sangat tidak mungkin masih bisa hidup hingga saat ini. Namun, satu hal yang pasti, kepunahan dinosaurus jelas membawa perubahan besar bagi kehidupan makhluk hidup di Bumi.

Baca juga: Fakta Dinosaurus: Dinosaurus Terbesar Hingga Dinosaurus Terganas

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.


Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.