Kompas.com - 18/09/2021, 16:00 WIB
Kanguru. ThinkstockKanguru.

KOMPAS.com – Kanguru adalah mamalia marsupial yang membawa anaknya di dalam kantong perutnya. Jika berbicara tentang kanguru, yang akan teringat adalah Benua Australia.

Namun tahukah kamu bahwa tidak hanya Australia yang memiliki kanguru? Indonesia juga memiliki hewan lucu tersebut.

Kanguru Pohon

Indonesia, tepatnya pulau Papua memiliki kanguru yang dinamakan dengan kanguru pohon yang diberi nama latin Dendolagus. Dilansir dari Mongabay, kanguru pohon merupakan satwa endemik Papua yang menempati hampir 80 persen luas daratan Papua.

Kanguru pohon memiliki ukuran tubuh dan kekuatan yang lebih kecil dari kanguru Australia sehingga dimasukkan ke dalam keluarga yang berbeda yaitu family Macropodidae.

Kanguru pohon memiliki berat sekitar 9 hingga 20 kilogram saja, sedangkan kanguru Australia dapat tumbuh hingga 90 kilogram.

Baca juga: Hewan Paling Pendendam di Dunia

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Johan F. Koibur dalam jurnal berjudul Kanguru Pohon (Dendrolagus sp) Potensi Lokal Papua Sumber Pangan Masa Depan (2018) menyebutkan kanguru pohon kaki panjang dengan empat jari, lengan dengan otot kuat, dan ekor yang lebih panjang dari tubuhnya.

Hal tersebut membuat kanguru pohon dapat bergelantungan di atas pohon. Namun, mereka juga tetap sering melompat-lompat di tanah seperti kangguru pada umumnya. Kanguru pohon betina memiliki kantung tempat menyimpan anaknya yang dilengkapi dengan empat kelenjar susu.

Kanguru pohon ditemukan di pegunungan Papua

Kanguru pohon pertama kali menemukan di pegunungan Papua oleh seorang ilmuan bernama Ernst Mayr pada tahun 1928. Dan ternyata hewan tersebut adalah kanguru pohon subspesies wondiwoi.

Dilansir dari National Geographic, seorang ahli biologi bernama marsupial Museum Australia bernama Mark Eldridge mengatakan bahwa penemuan tersebut menjadikan kanguru pohon sebagai salah satu mamalia yang paling kurang dikenal di dunia.

Kanguru pohon merupakan hewan yang misterius. Sejak penemuannya, kanguru wondiwoi sangat jarang terlihat, bahkan disangka sudah punah hingga kembali terlihat pada tahun 2018 oleh sekelompok ilmuan.

Bukan hanya karena mereka senang bersembunyi dipohon, namun juga mereka mengalami penurunan populasi.

Baca juga: Jenis-Jenis Hewan di Wilayah Neotropik dan Persebarannya

Penurunan populasi kanguru pohon

Dikutip dari International Union for Conservation of Nature, kanguru pohon mengalami penurunan populasi lebih dari 80 persen selama 30 tahun terakhir, membuatnya menjadi spesies langka yang terancam punah.

Ancaman kepunahan kanguru hutan datang dari degradasi hutan dan perburuan liar. Hutan Papua perlahan tergerus karena pertambangan, pembukaan lahan kelapa sawit, hingga penebangan pohon berlebihan.

Dilansir dari Mongabay, perburuan juga menjadi ancaman serius yang dihadapi oleh kanguru pohon.

Orang-orang berburu kanguru hutan untuk dijadikan makanan. Mereka tidak tahu bahwa kanguru hutan merupakan hewan langka yang terancam punah.

Sehingga diperlukan sosialisasi untuk membangun kesadaran tentang kanguru pohon dan juga konservasi untuk melindunginya dari kepunahan.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.


Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.