Kompas.com - 27/07/2021, 16:02 WIB
Jenis-jenis hewan di wilayah neotropik KOMPAS.com/Gischa PrameswariJenis-jenis hewan di wilayah neotropik

KOMPAS.com – Diperkirakan, ada sekitar dua juta spesies hewan yang hidup di bumi. Seluruh spesies tersebut tidak hidup dalam satu tempat yang sama, mereka tersebar ke berbagai wilayah di muka bumi. Inilah mengapa kangguru hanya dijumpai di Australia dan penguin ada di Kutub Selatan.

Sekitar abad ke-19 seorang naturalis, ahli geografi, kritikus sosial, dan humanis asal Inggris bernama Alfred Russel Wallace membagi wilayah persebaran hewan menjadi enam region. Wilayah tersebut adalah region paleotropik, oriental, paleartik, neartik, neotropik, dan asutralian.

Pada materi kali ini kita akan mempelajari persebaran hewan di region neotropik. Blanca Rios-Touma Alonso Ramirez dalam jurnal Multiple Stressor in the Neotropical Region: Environmental Impacts in Biodiversity Hotspots (2019) menyebutkan wilyah neotropik adalah wilayah Amerika Tengah, Karibia dan Amerika Selatan.

Persebaran fauna neotropik meliputi wilayah Meksiko, Florida Selatan, Bahama, Bermuda, Panama, Kolumbia Timur, Hindia Barat, Venezuela Utara, dataran tinggi Venezuela, Brazil, Uruguay, Argentina Barat, Amazon, Pegunungan Andes, Kepulauan Galapagos, Gurun Atacama, hingga sekitar pantai Samudra Pasifik.

Baca juga: Contoh Alat Gerak Hewan dan Fungsinya

Jenis-jenis hewan di wilayah neotropik

Jenis-jenis hewan dalam wilayah neotropik dapat dilihat sebagai berikut:

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

  • Burung

Wilayah neotropik dipenuhi oleh berbagai spesies burung, belum lagidaerah Amerika Selatan terkenal sebagai “Benua Burung”. Dilansir dari Ornithology The Science of Birds, Amerika Selatan memiliki 3.402 spesies burung dan Brazil memiliki 1.800 spesies burung dengan banyak spesies endemik.

Contoh dari spesies burung endemiknya adalah rhea (burung unta amerika), tinamous, toucan, burung ayam batu (Rupicola rupicola), kolibri lebah, macau, hoatzin (burung reptil), dan guacharo (burung minyak).

  • Mamalia

Wilayah neotropik memiliki 32 mamalia dengan 16 diantaranya adalah fauna endemik. Salah mamlia endemik neotropik adalah kelompok Xenarthra atau Edentata.

Berdasarkan University of California Museum of Paleotology, Xenarthra adalah sekelompok kecil mamalia eutherian insektivora dan herbivora dengan tubuh kecil hingga sedang (sekitar 60 kg).

Kelompok Xenarthra endemik neotropik adalah sloth, trenggiling, dan armadillo. Selain Xenartha, terdapat juga mamalia berupa opossum, tikus opossum, opossum air, marmoset, tamarin, kapucin, monyet tupai, 11 spesies hewan pengerat, dan lima spesies kelelawar endemik termasuk kelelawar vampir.

Baca juga: Contoh Hewan Ovipar dan Ciri-Cirinya

  • Reptil

Wilayah neotropik juga dipenuhi oleh berbagai macam reptil. Salah satu reptil endemiknya adalah kadal xantusia. Reptil lain yang menempati wilayah neotropik adalah buaya, caiman, tokek, kura-kura, ulat piton, anaconda, dan berbagai spesies ular lainnya.

  • Amfibi

S. N. Stuart dalam buku berjudul Threatened Amphibians of The World (2008) menyebutkan wilayah neotropik memiliki 2.916 spesies amfibi dengan 96 persen adalah endemik. Keseluruhan spesies tersebut mencakup katak, kodok, dan salamander.

  • Ikan

Neotropik memiliki ikan endemik seperti ikan piranha, lungfish Amerika Selatan (Lepidosiren),lungfish Ethiopia (Protopterus), dan belut listrik (Gymnotids). Namun di Neoropik tidakditemukan ikan mas.

Namun di wilayah Neotropik tidak terdapat berang-berang, landak, hyena, dan anthropoid ape seperti seperti simpanse dan gorilla.


Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.