Fakta Dinosaurus: Dinosaurus Terbesar Hingga Dinosaurus Terganas

Kompas.com - 03/07/2020, 18:00 WIB
Ilustrasi. FREEPIK/HERMANDESIGN2015Ilustrasi.

KOMPAS.com - Fakta Dinosaurus tentang Dinosaurus terpanjang, Dinosaurus terbesar, Dinosaurus terkecil, Dinosaurus terpintar, Dinosaurus tertinggi, Dinosaurus tercepat, Dinosaurus tertua, dan lain-lain.

Mengutip The Dinosaur Museum, berikut ini penjelasan singkat fakta Dinosaurus:

  • Dinosaurus terbesar

Dinosaurus terbesar adalah Argentinosaurus dengan berat sebesar 77 ton atau setara dengan 17 gajah Afrika. Argentinosaurus juga merupakan dinosaurus terpanjang. Argentinosaurus adalah hewan darat terbesar yang pernah hidup di Bumi.

Tyrannosaurus rex atau yang dikenal dengan T-Rex memang tampak paling ganas dari semua jenis Dinosaurus. Tetapi Utahraptor justru paling ganas dari semua jenis Dinosaurus.

Karena Utahraptor memiliki kelebihan dalam hal kecerdikan, tekad dan tubuh sebagai senjata. Utahraptor adalah predator sangat kuat, lincah dan cerdas yang berukuran sekitar 7 meter.

  • Dinosaurus terpanjang

Dinosaurus terpanjang adalah Argentinosaurus yang berukuran lebih dari 40 meter. Argentinosaurus termasuk bagian dari kelompok dinosaurus titanosaurus. Fosil Argentinosaurus ditemukan di Argentina, Amerika Selatan.

  • Dinosaurus terkecil

Dinosaurus terkecil adalah Iesothosaurus yang hanya seukuran ayam. Dinosaurus terkecil ini adalah jenis pemakan tumbuhan.

  • Dinosaurus terpintar

Dinosaurus terpintar adalah Troodon. Salah satu Dinosaurus paling cerdas ini berukuran sekitar 2 meter. Dinosaurus pemburu ini memiliki ukuran otak mirip dengan mamalia atau burung saat ini, dengan penglihatan stereoskopis, dan tangan yang bisa memegang.

  • Dinosaurus dengan otak terkecil

Stegosaurus memiliki otak seukuran kenari dengan panjang hanya 3 sentimeter dan berat 75 gram saja. Tetapi bila membandingkan ukuran otak dan ukuran tubuh, sauropodomorph seperti Plateosaurus mungkin adalah salah satu Dinosaurus paling bodoh.

  • Dinosaurus tertinggi

Dinosaurus tertinggi adalah kelompok sauropoda Brachiosaurid. Kaki depan lebih panjang dari kaki belakang sehingga bisa berdiri seperti jerapah. Leher Dinosaurus ini sangat panjang dengan posisi vertikal sehingga dapat menjangkau pohon-pohon tertinggi. 

Halaman:

Dapatkan Voucher Belanja jutaan rupiah, dengan #JernihBerkomentar di bawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads X