Kompas.com - 31/07/2021, 16:00 WIB
Gedung di Taman Nasional Zhangye wikipedia.org/Terry WuGedung di Taman Nasional Zhangye

KOMPAS.com – Pegunungan adalah salah satu lanskap geografis yang memiliki pesonanya sendiri di bumi. Pegunungan seringkali dikunjungi sebagai destinasi wisata.

Jika kamu adalah penggemar gunung, pegunungan Zhangye Danxia menjadi tempat menarik untuk dikunjungi. Terletak di Prefektur Zhangye Provinsi Gansu China, pegunungan Zhangye Danxia membentang sejauh 510 kilometer persegi.

Zhangye Danxia merupakan pegunungan batu dengan peraduan warna merah, kuning, coklat, hingga putih yang menawan. Keindahannya membuat Zhangye Danxia dinobatkan sebagai Situs Warisan Dunia UNESCO pada tahun 2009.

Dilansir dari UNESCO World Heritage Centre, Zhangye Danxia terbentuk dari lapisan sedimen terrigenerous merah benua yang terangkat akibat kekuatan endogen bumi dan mengalami pelapukan serta erosi akibat kekuatan eksogen bumi.

Kekuatan endogen terjadi karena Lempeng India bertabrakan dengan Lempeng Eurasia, sehingga menghasilkan lipatan permukaan bumi berupa pegunungan.

Pelapukan dan erosi mengikis lapisan permukaan gunung dan mengekspor berbagai mineral di bawahnya, membuat oksidasi terjadi.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Baca juga: Danau Maracaibo, Tempat Paling Elektrik di Bumi

Lanskap Geopark Nasional Zhangye.wikipedia.org/Terry Wu Lanskap Geopark Nasional Zhangye.
Menghasilkan beragam warna 

Mengutip dari Forbes, mineral besi yang teroksidasi menghasilkan warna merah, mineral limonit yang teroksidasi akan menghasilkan warna coklat atau kuning, besi sulfide yang teroksidasi menghasilkan warna kuning metalik, klorit yang teroksidasi akan menghasilkan warna hijau.

Hal tersebutlah membuat batuan di Zhangye Danxia memiliki warna-warni mencolok serupa dengan pelangi.

Jadi, warna pelangi pegunungan Zhanghye Danxia bukanlah lukisan atau editan melainkan asli. Kompleks pegunungan Zhanghye Danxia dihiasi dengan keberadaan sungai, ngarai, lembah, goa, tebing, dan juga air terjun.

Tak ayal, Zhangye Danxia menjadi salah satu destinasi wisata favorit di China. Pada tahun 2018 saja, tercatat ada sebanyak 2,32 juta turis yang mengunjungi Zhangye Danxia.

Halaman:

Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.