Kompas.com - 31/07/2021, 15:00 WIB
Istana Versailles sekitar tahun 1668, seperti yang dilukis oleh Pierre Patel (Museum Versailles). wikimedia.org/ Museum of the History of FranceIstana Versailles sekitar tahun 1668, seperti yang dilukis oleh Pierre Patel (Museum Versailles).

KOMPAS.comIstana Versailles dikenal karena kemegahan dan arsitekturnya yang luar biasa. Istana Versailles berdiri sekitar 20 kilometer barat daya dari Kota Paris.

Istana ini menjadi salah satu lambang kekuasaan monarki Perancis hingga sekarang. Kemegahan bangunannya, membuat Istana Versailles dinobatkan sebagai Situs Warisan Dunia oleh UNESCO.

Namun tahukah kamu bahwa Istana Versailles yang megah itu awalnya tidak punya toilet? Istana tersebut juga kesulitan menjaga kebersihan sehingga seringkali tercium bau tidak mengenakan.

Sebelum membahas masalah kebersihan, marilah kita mengenal asal muasal Istana Versailles terlebih dahulu.

Asal usul Istana Versailles

Daerah Versailles dahulunya adalah daerah yang penuh dengan hewan liar. Para raja Perancis sangat tertarik untuk melakukan perburuan di sana.

Baca juga: Istana Merdeka: Sejarah Tempat Kediaman Resmi Presiden

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Hingga salah satu raja Perancis bernama Louis XIII membangun suatu pondok kecil untuk berburu di Versailles. Dilansir dari Official Website Palace of Versailles, pavilion berburu tua Louis XIII diubah dan diperluas oleh putranya, Louis XIV.

Ketika ia membangun pengadilan dan pemerintahan di sana pada tahun 1682. Louis XIV berusaha memindahkan pusat pemerintahan Perancis ke Versailles.

Louis XIV memerintahkan Istana Versailles agar dibangun dengan megah dengan klasisme ala Perancis layaknya Louvre. Bangunan tersebut memiliki sayap kiri dan kanan mencakup luas 63.145 meter persegi dan menyediakan 2.300 kamar.

Saking besarnya Istana Versailles, Louis XIV sering makan makanan dingin. Hal ini karena dapur dan ruang makan kerajaan sangatlah jauh. Namun istana semegah itu tidak memiliki toilet! Lalu bagaimana penghuninya akan buang air?

Tak ada toilet

Dilansir dari Google Arts & Culture, dalam setiap kamar anggota keluarga kerajaan memiliki semacam kursi toilet lengkap dengan pispot dari perak di bawahnya, yang akan diganti oleh staf istana setiap mereka selesai buang air.

Halaman:

Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.