Kompas.com - 30/12/2020, 14:21 WIB
Istana Buckingham Istana Buckingham

KOMPAS.com - Inggris merupakan salah satu kerajaan tertua di dunia. Kerajaan Inggris telah berdiri sejak abad ke-9 Masehi.

Pendirian kerajaan Inggris berawal dari penyatuan tujuh kerajaan utama era Anglo Saxon di daratan Inggris.

Terdapat beberapa perdebatan tentang siapa sebenarnya raja pertama dari kerajaan Inggris. Namun, mayoritas sejarawan sepakat bahwa Raja Aethelstan merupakan raja pertama yang memiliki pemerintahan efektif di seluruh daratan Inggris.

Pada perkembangannya, kerajaan Inggris melakukan ekspansi kekuasaan wilayah hingga ke Wales dan Skotlandia.

Baca juga: Sejarah Kerajaan Inggris: Awal Berdirinya dan Para Pewaris Takhta

Pada tahun 1707, Inggris, Wales, dan Skotlandia membentuk sebuah persatuan kerajaan bernama Britania Raya.

Dalam buku History of Britain and Ireland (2011) karya R.G Grant, Kerajaan Inggris, Wales, dan Skotlandia memutuskan menandatangani Undang-Undang Persatuan 1707 yang menjadi legitimasi berdirinya kerajaan Britania Raya.

Pemerintahan Britania Raya dipimpin dengan sistem monarki konstitusional oleh keluarga kerajaan Inggris yang berpusat di Buckingham Palace.

Buckingham Palace atau Istana Buckingham adalah kediaman resmi dari keluarga kerajaan Britania Raya. Buckingham Palace terletak di kota London, Inggris.

Selain sebagai kediaman keluarga Raja, Buckingham Palace juga dijadikan sebagai pusat administrasi monarki dari kerajaan Britania Raya.

Baca juga: Inggris, Negara Kerajaan Tertua di Eropa

Pendirian Buckingham Palace

Dilansir dari Encyclopaedia Britannica (2015), Raja George III membeli Buckingham House pada tahun 1762 untuk kediaman istrinya yang bernama Ratu Charlotte. Pada masa George III, Buckingham House dikenal dengan sebutan The Queen’s House.

Pada tahun 1820, Raja George IV memerintahkan arsitek British bernama John Nash untuk mengubah Buckingham House menjadi sebuah istana megah untuk keluarga kerajaan Britania Raya.

John Nash melakukan renovasi secara besar-besaran pada bagian taman dan model ruangan. Setelah itu, Buckingham Palace terus mengalami renovasi seiring bergantinya raja di Britania Raya.


25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar
Close Ads X