Kompas.com - 31/07/2021, 13:00 WIB
Ilustrasi penguin Adelie di Antartika SHUTTERSTOCK/nwdphIlustrasi penguin Adelie di Antartika

KOMPAS.com - Salah satu ciri unik penguin terletak pada warna tubuhnya. Bagian tubuh belakang penguin berwarna hitam, sedangkan bagian depannya berwarna putih. Dua kombinasi warna ini membantu penguin dalam menjalani kehidupannya sehari-hari.

Dilansir dari Tawaki Project, warna hitam dan putih pada tubuh penguin membantu hewan ini berkamuflase. Sehingga mereka terhindar dari serangan predator. Perpaduan dua warna ini memungkinkan penguin benar-benar berbaur dengan lingkungannya.

Ketika menyelam di laut, bagian tubuh belakang penguin akan tersamarkan oleh warna biru gelapnya laut. Sedangkan ketika dilihat dari dalam laut, bagian depan atau perut penguin yang berwarna putih akan bercampur dengan pantulan sinar matahari, sehingga sulit dilihat.

Hal ini jelas melindungi penguin dari serangan predatornya, seperti anjing laut, hiu, dan paus. Hewan predator tersebut merasa kesulitan memangsa penguin, karena warna tubuhnya mirip seperti warna lingkungan sekitarnya.

Baca juga: Jenis-Jenis Hewan di Wilayah Neotropik dan Persebarannya

Countershading pada warna tubuh penguin

Dikutip dari situs Penguins International, dalam bidang zoologi, tampilan warna hitam putih di tubuh penguin, sering disebut dengan istilah countershading.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Istilah ini menggambarkan bagaimana warna tubuh hewan lebih gelap ketika menghadap matahari, dan menjadi lebih terang saat membelakanginya.

Para ilmuwan memperkirakan jika countershading pada penguin ini bertujuan untuk crypsis atau kamuflase supaya terlindungi dari serangan predator. Contohnya ketika penguin berenang di perairan atau warna tubuh penguin yang menyerupai bebatuan dan es.

Mengendalikan suhu tubuh

Menurut Pail Heiney dalam buku Dapatkah Seekor Anak Sapi Menuruni Anak Tangga (2013), warna hitam putih pada tubuh penguin juga membantu hewan ini mengendalikan suhu tubuh. Mereka akan memutar tubuh, ketika merasa kepanasan atau kedinginan.

Apabila merasa kepanasan, penguin akan menghadapkan perutnya yang berwarna putih ke sinar matahari, supaya dapat memantulkan sinarnya.

Sedangkan ketika mereka merasa kedinginan, bagian punggung yang berwarna hitam akan dihadapkan ke sinar matahari, supaya merasa lebih hangat.

Baca juga: Honey Badger, Hewan yang Tak Mengenal Rasa Takut

Membantu penguin mendapatkan mangsa

Warna tubuh penguin tidak hanya menghindarkan hewan ini dari serangan predator. Namun, juga membantunya mendapat makanan ketika berada di lautan.

Warna tubuh penguin tidak mudah terlihat oleh hewan laut lainnya, sehingga hal ini memudahkan penguin berburu mangsa.

Warna hitam putih pada tubuh penguin jelas menguntungkan hewan ini. Ketika merasa terancam, mereka akan berenang secepat mungkin untuk melarikan diri.

Saat menemukan ikan, penguin akan langsung menangkapnya tanpa diketahui oleh mangsanya.


Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.