Kompas.com - 30/07/2021, 22:04 WIB
Ilustrasi automatic stabilizer dalam perekonomian KOMPAS.com/Gischa PrameswariIlustrasi automatic stabilizer dalam perekonomian

 

KOMPAS.com – Pengelolaan perekonomian suatu negara adalah hal yang sangat penting. Pengelolaan yang baik dapat mengantarkan suatu negara pada kemakmuran rakyatnya.

Namun pada praktiknya, keadaan keuangan negara tidak selalu baik-baik. Sering kali terjadi pergolakan dalam perekonomian misalnya krisis ekonomi, resesi, maupun inflasi.

Untuk menyikapi keadaan ekonomi yang terjadi, dibutuhkan kebijakan fiskal. Prathama Rahardja dan Mandala Manurung dalam bukuTeori Ekonomi Makro (2001) menyebutkan bahwa kebiajakan fiskal adalah kebijakan ekonomi yang digunakan pemerintah untuk mengelola atau mengarahkan perekonomian ke kondisi yang lebih baik atau diinginkan.

Kebijakan fiskal dilakukan dengan mengubah-ubah pajak dan juga pengeluaran pemerintah. Sehingga kebijakan fiskal seringkali tercermin dalam APBN atau Anggaran pendapatan dan Belanja Negara.

Kebijakan terdiri dari dua macam, yaitu kebijakan fiskal disreksioner dan juga kebijakan fiskal stabilitas otomatis.

Baca juga: Kebijakan Perdagangan Internasional Bidang Ekspor dan Impor

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Automatic stabilizer

Automatic stabilizer atau stabilisator otomatis bisa dipandang sebagai jenis kebijakan fiskal. Apakah automatic stabilizer itu?

Berdasarkan Investopedia, automatic stabilizer adalah kebijakan fiskal yang dirancang untuk mengimbangi fluktuasi aktivitas ekonomi suatu negara melalui operasi normalnya tanpa otorisasi tambahan dan tepat waktu oleh pemerintah atau pembuat kebijakan.

Automatic stabilizer bersifat cepat, juga dinamis, dan seperti namanya terjadi secara otomatis. Automatic stabilizer berkaitan langsung dengan pajak dan APBN negara.

Disadur dari Khan Academy, ketika perekonomian sedang mengalami penurunan, pajak penghasilan yang diterima negara juga akan menurun karena penghasilan masyarakat berkurang. Namun, disaat bersamaan belanda negara meningkat. 

Sedangkan, ketika ekonomi mengalami ekspansi, pajak akan meningkat dan dibarengi dengan pengeluaran pemerintah yang berkurang.

Halaman:

Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.