Kompas.com - 30/07/2021, 13:37 WIB
Ilustrasi fungsi dan kegunaan sejarah freepik.com/rawpixel.comIlustrasi fungsi dan kegunaan sejarah

KOMPAS.comSejarah digunakan untuk mempelajari masa lampau. Sejarah juga membantu manusia memahami serta mengetahui apa yang pernah terjadi di masa lampau. Sejarah jelas mempunyai fungsi dan kegunaannya bagi kehidupan manusia.

Secara umum, sejarah berfungsi sebagai sumber pengetahuan dan dijadikan media untuk menelusuri fakta dan peristiwa yang terjadi di masa lalu.

Fungsi umum ini ditujukan supaya manusia di generasi selanjutnya bisa menjadikan peristiwa di masa lampau tersebut sebagai pelajaran serta pengalaman penting.

Fungsi sejarah

Menurut Yeni Wijayanti dalam jurnal Peranan Penting Sejarah Lokal dalam Kurikulum di Sekolah Menengah Atas (2017), secara lebih luas, fungsi sejarah dapat dibedakan menjadi dua, yakni fungsi intrinsik dan ekstrinsik:

  • Fungsi intrinsik

Dikutip dari jurnal Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe STAD untuk Meningkatkan Kemampuan Siswa dalam Merepresentasikan Laporan Penelitian Sejarah Lokal pada Kelas XI TKJ 1 SMK Negeri I Banawa Kabupaten Donggala (2016), fungsi intrinsik sejarah merupakan kegunaan sejarah dari dalam, yang mana berkaitan dengan ilmu pengetahuan.

Baca juga: Apa Itu Anakronisme dalam Sejarah?

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Fungsi intrinsik sejarah dibagi menjadi empat, yakni:

  1. Sejarah sebagai ilmu
    Artinya sejarah merupakan ilmu yang terbuka, di mana setiap orang tanpa terkecuali bisa mempelajari dan menggunakan sejarah sebagai ilmu. Sejarah sebagai ilmu juga berarti tiap orang bisa turut serta dalam perkembangan sejarah.
  2. Sejarah sebagai pernyataan pendapat
    Artinya sejarah digunakan sebagai teori dan ilmu dalam penyampaian pendapat. Namun, penggunaannya harus disesuaikan dengan pendapat yang akan disampaikan.
  3. Sejarah sebagai profesi
    Artinya banyak profesi atau pekerjaan yang berkaitan dengan sejarah, seperti guru sejarah, dosen sejarah, sejarawan, penulis, peneliti, dan lain sebagainya. Adanya profesi yang berkaitan dengan sejarah membuktikan jika sejarah bukanlah sekadar ilmu, namun suatu ilmu yang juga bisa diterapkan serta berguna bagi kehidupan manusia.
  4. Sejarah sebagai cara mengetahui masa lampau
    Artinya sejarah digunakan untuk mencari tahu peristiwa atau kejadian yang terjadi di masa lampau. Harapannya setelah mengetahui peristiwa tersebut, manusia bisa menjadikannya sebagai pengalaman dan pembelajaran.

Baca juga: 4 Ruang Lingkup Sejarah

  • Fungsi ekstrinsik

Dalam jurnal Pengaruh Nasionalisme Siswa terhadap Prestasi Belajar pada Mata Pelajaran Sejarah Kelas XI SMA Negeri 3 Baubau (2018) karya Maksun Baitu dan Ramli La Tahi, fungsi ekstrinsik sejarah berarti sejarah digunakan atau dimanfaatkan sebagai pendidikan atau liberal education bagi masyarakat.

Fungsi ekstrinsik sejarah sebagai liberal education, dibagi menjadi 11 macam, yaitu:

  1. Pendidikan moral
  2. Pendidikan penalaran
  3. Pendidikan politik
  4. Pendidikan kebijakan
  5. Pendidikan perubahan
  6. Pendidikan masa depan
  7. Pendidikan keindahan
  8. Ilmu bantu untuk disiplin ilmu lainnya
  9. Bukti dari sebuah perbuatan
  10. Latar belakang
  11. Rujukan

Kegunaan sejarah

Sejarah tidak hanya berguna untuk mempelajari masa lampau. Sejarah masih memiliki kegunaan lainnya. Berikut penjelasannya:

  • Kegunaan edukatif

Sejarah digunakan sebagai edukasi atau pelajaran. Artinya lewat sejarah, manusia bisa mempelajari banyak hal, seperti pengalaman, cara penyelesaian masalah, dan lain sebagainya.

Baca juga: Ilmu Arkeologi: Pengertian, Sejarah, Tujuan, Manfaat dan Tahapannya

  • Kegunaan inspiratif

Sejarah dapat digunakan sebagai sumber inspirasi seseorang. Artinya dengan mempelajari sejarah, seseorang bisa mendapat inspirasi tentang apa yang harus dilakukannya sekarang.

  • Kegunaan rekreatif

Sejarah juga bisa digunakan sebagai sarana rekreatif atau hiburan bagi pembacanya. Contohnya ketika membaca ringkasan sejarah, seseorang merasa nyaman dan terhibur.

  • Kegunaan instruktif

Sejarah digunakan untuk menyampaikan pengetahuan serta keterampilan. Lebih tepatnya, sejarah berperan sebagai penyampaian informasi terkait perkembangan ilmu pengetahuan dan keterampilan dari masa ke masa.


Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.