Kompas.com - 30/07/2021, 17:27 WIB
Ilustrasi bentuk akulturasi india dan indonesia KOMPAS.com/Gischa PrameswariIlustrasi bentuk akulturasi india dan indonesia

KOMPAS.com – Agama Hindu merupakan agama tertua di dunia yang berkembang dari kebudayaan manusia sekitar 4.000 tahun yang lalu di India.

Disadur dari History, dari agama Hindu muncul agama Buddha dan keduanya percaya pada renikarnasi, karma, serta kehidupan pengabdian dan kehormatan adalah jalan menuju keselamatan.

Masuknya pedagang India ke Indonesia membawa ikut serta penyebaran agama Hindu dan Buddha. 

Agustujanto Indradjaja dalam jurnal Awal Pengaruh Hindu Buddha Di Nusantara (2014) menyebutkan masuknya budaya India kemudian menghasilkan akulturasi dengan budaya yang sudah lebih ada di Indonesia. Salah satu bentuk akulturasi India dan Indonesia dapat dilihat melalui bidang pemerintahan. 

Akulturasi bidang pemerintahan 

Salah satu wujud akulturasi budaya Hindu-Buddha di Indonesia adalah lahirnya sistem kerajaan di Nusantara. Pada awalnya, sistem pemerintahan di Indonesia cukup sederhana, hanya mengangkat kepala suku sebagai pemimpin. 

Baca juga: Contoh Akulturasi Budaya Indonesia dengan Bangsa Tiongkok

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

 

Sedangkan dalam sistem pemerintahan, bangsa India memperkenalkan sistem kerajaan feodal dengan konsep ‘dewa raja’.

Dalam buku Sejarah Indonesia Modern: 1200-2004 (2005) karya M.C Ricklefs, sistem kerajaan feodal bentuk akulturasi India dan Indonesia di mana kerajaan-kerajaan Nusantara memosisikan raja sebagai titisan para dewa. Hal ini membuat masyarakat sangat menghormati keberadaan raja. Apapun yang dititahkan raja harus segera dilaksanakan. 

 

Kerajaan Hindu-Buddha di Indonesia yaitu Kerajaan Kutai, Kerajaan Tarumanegara, Kerajaan Mataram Kuno, Kerajaan Sriwijaya, Kerajaan Singhasari, Kerajaan Kediri, Kerajaan Janggala, Kerajaan Majapahit, Kerajaan Sunda, dan Kerajaan Bali.

Selain sistem pemerintahan yang menganut kerajaan dengan memilih raja keturunan dewa, penggunaan bahasa Sansekerta juga digunakan di Indonesia.

Dilansir dari Kamus Sansekerta Indonesia, Bahasa Sansekerta adalah bahasa klasik India, sebuah liturgis dalam agama Hindu, Buddhisme, dan Jainisme, dan salah satu dari 23 bahasa resmi India.

Baca juga: Pengaruh Budaya India di Indonesia


Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.