Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 30/07/2021, 17:27 WIB
Silmi Nurul Utami,
Serafica Gischa

Tim Redaksi

KOMPAS.com – Agama Hindu merupakan agama tertua di dunia yang berkembang dari kebudayaan manusia sekitar 4.000 tahun yang lalu di India.

Disadur dari History, dari agama Hindu muncul agama Buddha dan keduanya percaya pada renikarnasi, karma, serta kehidupan pengabdian dan kehormatan adalah jalan menuju keselamatan.

Masuknya pedagang India ke Indonesia membawa ikut serta penyebaran agama Hindu dan Buddha. 

Agustujanto Indradjaja dalam jurnal Awal Pengaruh Hindu Buddha Di Nusantara (2014) menyebutkan masuknya budaya India kemudian menghasilkan akulturasi dengan budaya yang sudah lebih ada di Indonesia. Salah satu bentuk akulturasi India dan Indonesia dapat dilihat melalui bidang pemerintahan. 

Akulturasi bidang pemerintahan 

Salah satu wujud akulturasi budaya Hindu-Buddha di Indonesia adalah lahirnya sistem kerajaan di Nusantara. Pada awalnya, sistem pemerintahan di Indonesia cukup sederhana, hanya mengangkat kepala suku sebagai pemimpin. 

Baca juga: Contoh Akulturasi Budaya Indonesia dengan Bangsa Tiongkok

 

Sedangkan dalam sistem pemerintahan, bangsa India memperkenalkan sistem kerajaan feodal dengan konsep ‘dewa raja’.

Dalam buku Sejarah Indonesia Modern: 1200-2004 (2005) karya M.C Ricklefs, sistem kerajaan feodal bentuk akulturasi India dan Indonesia di mana kerajaan-kerajaan Nusantara memosisikan raja sebagai titisan para dewa. Hal ini membuat masyarakat sangat menghormati keberadaan raja. Apapun yang dititahkan raja harus segera dilaksanakan. 

 

Kerajaan Hindu-Buddha di Indonesia yaitu Kerajaan Kutai, Kerajaan Tarumanegara, Kerajaan Mataram Kuno, Kerajaan Sriwijaya, Kerajaan Singhasari, Kerajaan Kediri, Kerajaan Janggala, Kerajaan Majapahit, Kerajaan Sunda, dan Kerajaan Bali.

Selain sistem pemerintahan yang menganut kerajaan dengan memilih raja keturunan dewa, penggunaan bahasa Sansekerta juga digunakan di Indonesia.

Dilansir dari Kamus Sansekerta Indonesia, Bahasa Sansekerta adalah bahasa klasik India, sebuah liturgis dalam agama Hindu, Buddhisme, dan Jainisme, dan salah satu dari 23 bahasa resmi India.

Baca juga: Pengaruh Budaya India di Indonesia

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Video rekomendasi
Video lainnya

Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com