Kompas.com - 30/07/2021, 18:24 WIB
Ilustrasi pemanfaatan oksida dan pasir silika KOMPAS.com/Gischa PrameswariIlustrasi pemanfaatan oksida dan pasir silika

KOMPAS.com- Oksigen adalah unsur yang dihirup makhluk hidup untuk bernafas dan bertahan hidup. Namun tahukah kamu bahwa oksigen merupakan unsur non-logam yang sangat reaktif? Oksigen sangat mudah bereaksi dengan senyawa lain dan membentuk oksida.

Dilansir dari Lumen Learning, oksida adalah senyawa kimia yang mengandung setidaknya satu atom oksigen dan satu unsur lain dalam rumus kimianya.

Oksigen bisa membentuk oksida dengan banyak unsur, salah satu contohnya adalah unsur kelompok 4A (golongan karbon) yaitu karbon, silikon, germanium, timah, dan timbal.

Pemanfaaan oksida golongan karbon

Berikut beberapa pemanfaatan oksida golongan karbon, yaitu: 

  • Karbon dioksida

Karbon dioksida (CO2) adalah oksida hasil reaksi antara oksigen (O) dan karbon (C). Dilansir dari Chemistry LibreTexts, karbon adalah satu-satunya unsur golongan 4A yang membentuk ikatan rangkap dengan oksigen.

Hal ini membuat oksida karbon memiliki struktur yang berbeda dengan oksida golongan 4A lainnya, yaitu gas.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Karbon dioksida diproduksi secara alami sebagai hasil pernafasan manusia dan hewan. Meskipun dibuang dari tubuh manusia, pemanfaatan karbon dioksida dalam kehidupan sangatlah luas.

Baca juga: Faktor Oksigen pada Pertumbuhan dan Perkembangan Tumbuhan

Karbon dioksida digunakan dalam bidang industri dalam pembuatan sistem pendingin, penstabil pH air, pembuatan minuman berkarbonasi, pengawetan makanan, pengerasan makanan, pembuatan bahan kimia pertanian, dan alat pemadam api.

Karbon dioksida berguna sebagai bahan baku fotosintesis tumbuhan. Berdasarkan situs Sciencing, dalam bidang farmasi, karbon dioksida digunakan dalam pembuatan urea, methanol, dan berbagai karbonak baik anorganik dan organik.

  • Karbon monoksida

Karbon monoksida (CO) adalah bentuk lain dari oksida antara karbon dan oksigen. Karbon monoksida berbahaya jika masuk ke dalam tubuh manusia. Namun karbon monoksida dapat dimanfaatkan dalam kehidupan sehari-hari.

Halaman:

Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.