Kompas.com - 12/07/2021, 09:00 WIB
Ilustrasi rokok tembakau, konsumsi tembakau. SHUTTERSTOCK/Maren WinterIlustrasi rokok tembakau, konsumsi tembakau.

KOMPAS.comTembakau merupakan bahan baku dalam pembuatan rokok. Dilansir dari World Health Organization, Indonesia merupakan salah satu negara dengan prevalensi merokok tertinggi di dunia, tercatat sekitar 62,9 persen laki-laki dewasa tergolong perokok.

Banyaknya pengguna rokok, membuat Indonesia menghasilkan rokok tembakau dalam jumlah yang sangat besar.

Menurut Atlas Tembakau Indonesia 2020 yang diterbitkan oleh Tobacco Control Support Center-Ikatan Ahli Kesehatan Masyarakat Indonesia, jumlah produksi rokok tahun 2018 adalah 332,38 milyar batang. Pada 2020 produksi rokok dibatasi menjadi maksimal 260 milyar batang. 

Kandungan zat tembakau

Konsumsi rokok yang sangat besar tersebut membunuh sekitar 225.700 orang di Indonesia setiap tahunnya.

Hal tersebut dikarenakan tembakau rokok mengandung banyak zat yang berbahaya. Beirkut zat yang terkandung dalam tembakau:

  • Nikotin

Nikotin adalah zat dalam tembakau yang bersifat adiktif atau menyebabkan kecanduan. Bahkan efek adiktifnya sama seperti heroin dan kokain. 

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Baca juga: Sediaan Larutan: Pengertian, Jenis, dan Zat Tambahannya

Hal tersebut dikarenakan nikotin memancing otak untuk melepaskan neurotransmitter yang mirip seperti dopamin.

Dilansir dari Healthline, neurotransmitter tersebut menciptakan perasaan puas dan senang yang singkat, namun otak akan selalu merasa kekurangan dopamin. Sehingga menyebabkan kecanduan nikotin, yang semakin lama butuh dosis yang semakin tinggi.

  • Hidrogen sianida

Dilansir dari National Center for Biotechnology Information, hidrogen sianida adalah adalah salah satu zat beracun asap tembakau yang terbentuk dari pembakaran senyawa protein dan nitrat yang ada dalam tembakau pada suhu tinggi dalam kondisi kekurangan oksigen.

Hidrogen sianida adalah zat beracun yang dapat merusak paru-paru, menyebabkan sakit kepala, juga mual. Dalam kadar tinggi, sianida dapat membunuh manusia dalam waktu singkat.

Halaman:

Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.