Kompas.com - 10/07/2021, 13:30 WIB
Lanskap di gunung berapi Dallol, Wilayah Afar, Ethiopia Wikimedia Commons/WikiPhotoSpace/A.SavinLanskap di gunung berapi Dallol, Wilayah Afar, Ethiopia

KOMPAS.com - Ilmuwan menemukan satu tempat tanpa kehidupan di Bumi. Tempat tersebut terletak di Ethiopia bagian utara, namanya Danau Dallol. Selain tidak memiliki kehidupan, Dallol juga dikenal sebagai salah satu daerah terpencil di Bumi.

Melansir dari India Today, Dallol sama sekali tidak memiliki kehidupan. Tidak ada satupun makhluk hidup, termasuk mikroba, yang mampu bertahan hidup di danau ini.

Ilmuwan tidak menemukan mikroba yang mampu beradaptasi selama bertahun-tahun, karena kondisi danau yang ekstrem.

Dallol merupakan danau hidrotermal terestrial yang berada di Ethiopia bagian utara. Dikutip dari Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI), hidrotermal merupakan air panas yang biasanya digunakan untuk membentuk logam lewat pemanasan.

Dari pengertian tersebut, bisa dikatakan jika suhu air Danau Dallol sangatlah panas. Dikutip dari CNN, rata-rata suhu harian air danau ini mencapai 113º Fahrenheit atau setara dengan 45º Celcius. Bahkan ketika musim dingin tiba, suhunya tidak menurun.

Baca juga: Blue Lake, Danau Terjernih di Dunia

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Karakteristik air danau yang tidak ramah kehidupan

Panasnya suhu air danau ini, menyebabkan tidak ada satupun makhluk hidup yang mampu bertahan.

Selain karena suhunya yang ekstrem, alasan lain mengapa Dallol tidak memiliki kehidupan sama sekali ialah karakteristik airnya.

Dallol memiliki karakteristik air yang sangat panas, asin dan asam. Danau ini mengandung garam, gas beracun, serta air mendidih, sebagai respons aktivitas hidrotermal ekstrem. Aktivitas ini disebabkan oleh letak danau yang membentang melintasi kawah gunung berapi.

Airnya yang asam terkadang bisa mencapai pembacaan negatif di skala pH. Perlu diketahui jika skala pH mencapai nilai ‘0’, berarti zat atau cairan tersebut sangat asam. Sedangkan jika skalanya bernilai ‘14’, artinya sangat basa.

Gradien lingkungan ekstrem di Dallol

Melansir dari Live Science, beberapa bagian di Danau Dallol mengandung natrium klorida dan garam berbasis magnesium yang tarafnya sudah sangat ekstrem.

Halaman:

Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.