Kompas.com - 07/06/2021, 12:53 WIB

KOMPAS.comHikayat termasuk karya sastra lama yang berisikan kisah mengenai suatu hal. Umumnya hikayat menceritakan peristiwa atau kejadian yang terjadi di zaman dahulu.

Menurut Yoani Juita Sumasari dalam jurnal Analisis Unsur-Unsur Intrinsik dalam Hikayat Cerita Taifah (2014), kata ‘hikayat’ berasal dari kata kerja dalam Bahasa Arab, yang berarti menceritakan atau memberitahu.

Hikayat bisa diartikan sebagai sebuah karya sastra lama yang ditulis dalam Bahasa Melayu, umumnya menceritakan tentang kehebatan dari tokoh utamanya.

Hikayat juga bisa diartikan sebagai karya sastra yang berisikan historis, biografis, ataupun cerita lainnya.

Baca juga: Kaidah Kebahasaan Teks Prosedur Kompleks

Ciri utama hikayat ialah bersifat anonim atau tidak diketahui pengarangnya. Dari segi bahasanya cenderung diulang-ulang.

Ciri lainnya, hikayat bersifat komunal atau menjadi kepemilikan dari suatu kelompok masyarakat.

Dikutip dari situs Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan, teks hikayat memiliki lima struktur utama. Urutan dari struktur teks hikayat berdasarkan bagian-bagiannya adalah:

  1. Permulaan
    Pada bagian permulaan, penulis menceritakan tentang pengenalan tokoh antagonis, protagonis atau tokoh lainnya dalam teks hikayat. Selain itu, di bagian ini pula penulis mulai menceritakan awal konflik yang harus dihadapi pra tokohnya.
  2. Permasalahan
    Pada bagian ini, permasalahan atau konflik mulai muncul dan dihadapi oleh tokohnya. Konflik tersebut bisa berupa konflik fisik, batin ataupun lainnya.
  3. Klimaks
    Pada bagian klimaks, permasalahan yang dihadapi tokoh akan semakin rumit, sehingga mencapai puncaknya.
  4. Evaluasi
    Pada bagian ini, tokoh mulai menemukan cara untuk menyelesaikan konfliknya dan permasalahan mulai mereda.
  5. Penyelesaian
    Pada bagian penyelesaian, penulis akan mengakhiri ceritanya. Selain itu, pada bagian ini, pembaca akan berusaha menarik kesimpulan atau pesan dari cerita hikayat yang dibacanya.

Baca juga: Contoh Teks Persuasi Beserta Strukturnya

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.


Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.