Kompas.com - 04/06/2021, 20:01 WIB
Ilustrasi kaidah kebahasaan teks prosedur kompleks KOMPAS.com/Gischa PrameswariIlustrasi kaidah kebahasaan teks prosedur kompleks

KOMPAS.com - Teks prosedur adalah salah satu jenis teks dalam bahasa Indonesia yang banyak ditemui di kehidupan sehari-hari. Misalnya teks prosedur yang menjelaskan cara untuk melakukan sesuatu seperti cara memasak maupun menjahit.

Adapun teks prosedur kompleks adalah teks berisi banyak langkah beserta penjelasannya untuk mencapai suatu tujuan. Dilansir dari Notes Read, teks prosedur kompleks berisikan informasi serta pernyataan yang menunjukan kompleksitas penjelasan.

Kaidah Kebahasaan Teks Prosedur Kompleks

Teks prosedur kompleks tidak bisa dibuat secara asal-asalan namun harus menuruti kaidah kebahasaannya.

Menurut kaidah kebahasaan, teks prosedur kompleks mengandung kalimat partisipasi manusia secara umum, kata kerja imperatif, konjungsi temporal, verba material, dan verba tingkah laku.

Baca juga: Contoh Teks Persuasi Beserta Strukturnya

Berikut sayarat dan pilihan kata yang tepat dalam teks prosedur kompleks: 

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

  • Kalimat partisipan manusia

Teks prosedur kompleks harus menggunakan kalimat partisipan manusia. Kalimat tersebut berarti manusia yang membaca berhubungan langsung dengan prosedur yang dituliskan.

Kalimat partisipan manusia biasanya menggunakan kata seperti anda, kamu, kita, atau kata ganti yang ditujukan untuk manusia seperti penggugat, penanggung jawab, pelapor, pemain, dan pengendara.

  • Kata kerja imperatif

Dilansir dari Thought Co, kalimat imperatif adalah kalimat yang mengandung instruksi atau mengungkapkan perintah untuk melakukan sesuatu. Kata kerja imperatif bersifat direktif atau memberikan arahan kepada seseorang yang membacanya.

Kata kerja imperatif menggunakan kata perintah ataupun kata kerja yang ditambah dengan imbuhan akhir –lah. Misalnya bawalah, ikutilah, tutup pintunya, keluarlah, cepat bawa, angkat tangan, berbeloklah, datanglah, pulanglah, dan pastikan.

Baca juga: Contoh Teks Pidato Perpisahan Kelas 6 SD

  • Verba material

Verba material dalam bahasa Indonesia adalah kata kerja yang berkenaan dengan tindakan fisik. Misalnya mendorong, menendang, mencium, memperhatikan, mengeringkan, menuliskan, menunjukkan, menunggu, mengambil, menyetir, dan menyerahkan.

Halaman:

Rekomendasi untuk anda
25th

Ada hadiah uang elektronik senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads X