Kompas.com - 05/06/2021, 13:00 WIB
Patung Liberty ShutterstockPatung Liberty

KOMPAS.com - Patung Liberty adalah salah satu patung paling terkenal di dunia. Patung Liberti menjulang setinggi 93 meter di Upper New York Bay, Amerika Serikat.

Sebagai ikon Amerika Serikat Patung Liberty seringkali masuk ke dalam karya seni baik film dan juga buku-buku. Berikut adalah fakta-fakta unik tentang patung Liberty:

  • Simbol kebebasan

Patung Liberty dibuat oleh seorang pematung asal Perancis bernama Frederic-Auguste Bartholdi. Adapun Bartholdi dibantu oleh Gustave Eiffel (perancang menara Effel) dalam merancang kerangka besi Liberty.

Dilansir dari The Statue of Liberty, Patung Liberty merupakan hadiah rakyat Perancis bagi rakyat Amerika yang menyimbolkan kebebasan Amerika.

Hal ini dapat terlihat dari bentuk patung Liberty sendiri. Di pergelangan kaki terlihat ada rantai belenggu yang putus, hal tersebut menandakan lepasnya perbudakan oleh tirani. Lady Liberty juga memegang tabel yang bertuliskan hari kemerdekaan Amerika dalam angka Romawi yaitu 4 Juli 1776.

Baca juga: Fakta Unik Death Valley, Tempat Terpanas di Bumi

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

  • Perjalanan jauh

Patung Liberty dibuat di Perancis selama hampir 10 tahun. Dilansir dari Medium, patung Liberty sampai ke pelabuhan New York Amerika pada tanggal 17 Juni 1885 dalam bentuk 350 potongan yang dikemas ke dalam 214 peti.

350 potongan tersebut dibawa menggunakan kapal fregat isere melalui perjalanan yang jauh menyeberangi Samudra Atlantik.

  • Bentuk kasih sayang seorang anak pada ibunya 

Konon wajah Lady Liberty diukir dengan wajah ibu dari pembuatnya yaitu Frederic Auguste Bartholdi. Hal tersebut menjadi bentuk kasih sayang Bartholdi kepada ibunya.

  • Warna asli Patung Liberty 

Tahukah kamu bahwa warna asli Patung Liberty bukanlah hijau kebiruan seperti yang kita ketahui selama ini. Permukaan Patung Liberty terbuat dari lembaran tipis tembaga yang berwarna coklat mengkilat.

Namun seiring dengan berjalannya waktu, terjadi reaksi redoks (reduksi dan oksidasi) yang membuat warna coklat mengkilat tembaga perlahan berubah.

Halaman:

Rekomendasi untuk anda
25th

Ada hadiah uang elektronik senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads X