Kompas.com - 05/06/2021, 11:54 WIB
Blue Lake, danau terjernih di dunia wikipedia.org/Admella1859Blue Lake, danau terjernih di dunia

KOMPAS.com - Bumi memiliki lanskap alam yang sangat bervaariasi di mulai dari lautan hingga daratan. Salah satu contoh lanskap alam di bumi adalah danau.

Danau merupakan cekungan permukaan bumi yang bisa diakibatkan oleh banyak hal seperti pergerakan lempeng atau letusan gunung berapi.

Cekungan tersebut kemudian diisi oleh air hujan dari tahun ke tahun dan membentuk ekosistemnya sendiri.

Air yang mengisi danau bermacam-macam sesuai dengan sumber dan letak geografisnya. Namun tahukah kamu ada danau yang memiliki air paling bersih dan paling jernih di dunia? 

Blue Lake

Blue Lake berada di ketinggian 1.200 meter di atas permukaan laut di kawasan konservasi Taman Nasional Danau Nelson. Blue Lake dinamai sebagai Rotomairewhenua yang berarti danau suci oleh Suku Maori yang tinggal di daerah sekitarnya.

Baca juga: Lembah Sungai Bengawan Solo, Tempat Tinggal Manusia Purba di Pulau Jawa

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Hal tersebut dikarenakan Blue Lake dianggap sebagai tempat sakral dan keramat bagi Suku Maori yang tidak boleh dimasuki manusia.

Kearifan lokalnya tersebut membuat Blue Lake masih sangat terjaga dari manusia, sehingga memiliki air yang sangat jernih.

Dilansir dari Pandotrip, manusia tidak diperbolehkan memasuki danau namun seorang fotografer bernama Klaus Thymann diberikan izin khusus untuk tujuan ilmiah. Dengan perjanjian bahwa Thymann tidak boleh menyentuh dasar dari Rotomairewhenua.

Penyelaman dilakukan dengan kerja sama antara fotografer, departemen konservasi Selandia Baru, dan juga Suku Maori yang tinggal di sana.

Dilansir dari The Guardian, Klaus Thymann melihat bahwa dari atas danau air disaring melalui moraine (puing-puing glasial), menghasilkan air yang sangat jernih.

Halaman:

Rekomendasi untuk anda
25th

Ada hadiah uang elektronik senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar
Close Ads X