Kompas.com - 03/03/2021, 20:17 WIB
Ilustrasi bangun datar Ilustrasi bangun datar

KOMPAS.com - Tabung adalah suatu bangun ruang sisi lengkung yang terbuat dari lingkaran sebagai alas dan persegi panjang sebagai selimut tabung.

Tabung terbuka hanya memiliki satu lingkaran sebagai alas. Sedangkan tabung tertutup memiliki dua lingkaran yang kongruen sebagai alas dan tutupnya.

Seperti bidang ruang geometri lainnya, tabung juga memiliki volume. Volume tabung memperlihatkan jumlah ruang yang dapat ditempati suatu zat dalam silinder.

Dilansir dari Sciencing, volume tabung dapat dihitung jika kita mengetahui jari-jari dan tingginya dengan rumus sebagai berikut:

V = π x r^2 x t

Dengan,
V= volume tabung (m³)
π= phi (3,14 atau 22/7)
r= jari-jari tabung (m)
t= tinggi tabung (m)

Untuk lebih memahami cara menghitung volume tabung, mari kita simak pembahasan soal di bawah ini!

  • Contoh Soal:

1. Berapakah volume tabung yang berdiameter 21 cm dan tinggi 40 cm? (phi= 22/7)

Jawaban:

t= 40 cm
d= 21 cm
r= ½ d= ½ 21= 10,5 cm

Halaman Selanjutnya
Halaman:

Sumber Sciencing
Rekomendasi untuk anda
25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads X