Kompas.com - 03/03/2021, 20:10 WIB
Foto dirilis Selasa (23/2/2021) memperlihatkan petani memetik buah andaliman di kawasan perkebunan Desa Ps Lumban Julu, Kabupaten Toba Samosir, Sumatera Utara. Andaliman atau biasa disebut merica Batak merupakan salah satu rempah yang memiliki jejak sejarah perjalanan bumbu di Nusantara dan dunia yang memiliki citarasa unik dan khas. ANTARA FOTO/NOVA WAHYUDIFoto dirilis Selasa (23/2/2021) memperlihatkan petani memetik buah andaliman di kawasan perkebunan Desa Ps Lumban Julu, Kabupaten Toba Samosir, Sumatera Utara. Andaliman atau biasa disebut merica Batak merupakan salah satu rempah yang memiliki jejak sejarah perjalanan bumbu di Nusantara dan dunia yang memiliki citarasa unik dan khas.

KOMPAS.com - Indonesia adalah negara berkembang yang secara geografis terletap pada garis khatulistiwa. Letak geografis Indonesia menjadikannya negara beriklim tropis yang mendukung banyak aktivitas ekonomi masyarakatnya.

Aktivitas ekonomi adalah aktivitas masyarakat dalam produksi, distribusi, dan juga konsumsi suatu barang dalam memenuhi kebutuhan sehari-hari.

Iklim dan juga kondisi geografis yang strategis, membuat Indonesia memiliki banyak aktivitas ekonomi seperti pertanian, kehutanan, peternakan, perikanan, pertambangan, industri, dan perdagangan.

Indonesia merupakan negara dengan hutan yang luas dan dipenuhi oleh berbagai jenis tumbuhan. Dilansir dari Food and Agriculture Organization of United Nations, Indonesia memiliki 144 juta hektar hutan atau 10 persen dari hutan tropis dunia dan 60 persen dari hutan tropis Asia.

Luasnya daerah hutan Indonesia ditambah dengan iklim yang mendukung membuat aktivitas kehutanan menjadi salah satu penunjang ekonomi kehutanan. Contohnya adalah produksi kayu jati, pinus, mahoni, agatis atau damar, dan juga rotan.

Baca juga: Aktivitas Ekonomi Masyarakat Tionghoa di Surakarta Awal Abad 20

Kondisi geografis Indonesia membuatnya memiliki iklim tropis yang sangat cocok bagi pertumbuhan tanaman. Iklim tropis membuat Indonesia disinari Matahari yang cukup, curah hujan yang bagus, dan juga musim tanam yang panjang sehingga bagus bagi sektor pertanian.

Terdapat banyak hasil pertanian dan perkebunan seperti beras, umbi-umbian, sayur-sayuran, buah-buahan, dan juga kacang-kacangan. Namun hasil pertanian yang diekspor dalam jumlah besar adalah karet, kelapa sawit, kakao, dan kopi.

  • Aktivitas Ekonomi Peternakan

Peternakan adalah salah satu aktivitas ekonomi yang besar di Indonesia. Contoh aktivitas ekonomi perternakan adalah produksi daging sapi, daging ayam, daging kambing, telur, susu sapi, susu kambing, susu domba, serta kulit dan bulu hewan.

  • Aktivitas Ekonomi Perikanan

Dilansir dari Website Resmi Pemerintah Provinsi Jawa Barat, Indonesia negara maritim dengan 17.499 pulau dan peraian seluas 5,8 juta kilometer persegi. Hal ini membuat Indonesia memiliki sector perikanan yang sangat besar. Contoh aktivitas ekonomi adalah produksi kepiting, udang, tuna, cakalang, rumput laut, nila, mujair, kerapu, dan ikan-ikan lainnya.

Baca juga: 10 Komoditas Unggulan Indonesia

  • Aktivitas Ekonomi Pertambangan

Tanah Indonesia kaya akan berbagai macam sumber daya alam terutama hasil tambang yang menjadi salah satu penyokong ekonomi masyarakat. Contoh aktivitas pertambangan di Indonesia adalah pertambangan emas, timah hitam, perak, gas alam, minyak bumi, batu bara, belerang, bijih besi, perunggu, nikel, tembaga, dan alumunium.

  • Aktivitas Ekonomi Perdagangan

Indonesia memiliki banyak sekali industri yang menyokonh sektor perdagangan. Beberapa barang bahkan menjadi komoditas unggulan Indonesia seperti alas kaki, bahan tekstil, elektronika, otomotif, dan juga furnitur.

  • Aktivitas Ekonomi Pariwisata

Indonesia memiliki bentang alam tropis yang sangat indah sehingga banyak dikunjungi turis mancanegara untuk berpariwisata. Dimulai dari gunung berapi, kawah, air terjun, belasan ribu pulau yang indah, pantai yang bermacam-macam, warisan budaya, hewan-hewan eksotis, buah-buahan eksotis, lautan luas, hingga terumbu karang yang indah membuat pariwisata Indonesia sangatlah digemari oleh turis mancanegara.


Rekomendasi untuk anda
25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads X